Nelayan Demo Dinas Perikanan Donggala

DONGGALA-Puluhan nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan Kelurahan Kabonga, Kecamatan Banawa mendatangi Kantor Dinas Perikanan, Kabupaten Donggala. Kedatangan mereka melaporkan dugaan adanya aktivitas pembiusan ikan dan panah ikan oleh oknum warga lain.

Pantauan Sulteng Post, kedatangan mereka ke Dinas Perikanan Donggala sekitar pukul 10.30 Wita, mereka di koordinatori oleh Ketua Kelompok Nelayan Kabonga Anwar. Mereka minta Dinas Perikanan melakukan tindakan terkait pembiusan ikan dan panah ikan tersebut.

“Karena terus terang biarpun hanya memanah ikan itu dilarang. Jangan sampai masyarakat bertindak sendiri kepada oknum yang mencari ikan dengan cara ilegal itu,” kata Anwar kepada wartawan kemarin.

Anwar mengatakan aktivitas oknum warga tidak bertanggung jawab di wilayah perairan pesisir Kabonga itu sudah berlangsung bertahun-tahun, namun sampai saat ini kasus tersebut belum tuntas ditangani pihak terkait.

“Kita sudah berapa kali kita melapor, ke Satpolair juga pernah tapi masih ada juga. Mereka modusnya membius ikan trus memanah. Satpolair mengatakan sudah tidak ada lagi, tapi nyatanya masih ada juga,” jelasnya.

Akibat pembiusan ikan tersebut, gugusan terumbu karang mengalami kerusakan yang luar biasa sehingga warga Kabonga menganggap meracuni ikan tersebut adalah tindakan kriminalitas.

Selain itu para nelayan di wilayah itu juga mengeluhkan aktivitas pembiusan ikan dan pemanahan tersebut. Warga kesal dan akhirnya memutusakan untuk melaporkan masalah itu ke Dinas Perikanan Donggala dengan harapan bisa ditindak lanjut.

Selang berapa lama menunggu di luar mereka langsung masuk ke ruangan dan diterima oleh pihak Dinas. Mereka langsung melaporkan keluhan mereka agar secepatnya ditindak para oknum tidak bertanggung jawab tersebut.(SULTENGPOS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: