KPU Palu Selesai Melakukan Pendataan DPTb-1

Palu – Divisi Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palu, Zatriawati menghimbau agar warga yang belum masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk segera melaporkan dirinya ke PPS agar dimasukan pada Daftar Pemilih Tambahan 1(DPTb-1).

“Itu diperuntukan bagi pemilih yang sama sekali belum terdaftar di DPT. Tahapan ini dimulai sejak 13 sampai 20 Oktober. Makanya KPU meminta masyarakat yang namanya belum terdaftar di DPT untuk melaporkan namanya kePPS,” kata Zatria, Senin (19/10/2015).

Dia menjelaskan bahwa himbauan tersebut dilakukan agar pihak yang mempunyai kepentingan dengan data daftar pemilih bisa memantau pada saat rekapitulasi di tingkat PPS pada 21 Oktober 2015. Menurutnya, sosialisasi terkait DPTb-1 telah maksimal dilakukan oleh pihaknya.

“Untuk memasukan nama dalam DPTb-1 maka persyaratan yang harus di penuhi adalah dengan memasukan identitas. Jika identitas lengkap maka PPS bisa petakan nama tersebut dimasukan di TPS yang mana,” katanya.

Zatriawati mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari beberapa kelurahan, sampai saat ini, peningkatan jumlah masyarakat yang terdaftar dalam DPTb-1 tidak begitu signifikan.

“Besok (kemarin), adalah hari terakhir untuk pendaftaran DPTb-1. Masih ada waktu para pihak yang berkepentingan dengan data itu, untuk menggunakan ruang ini,” kata Zatria.

“Pertama rekapitulasi DPTb-1 akan dilakukan di tingkat PPS. Jika masih terlewati, masih ada waktu di tingkat PPK. Harapannya di tingkat PPS dan PPK kita bisa memaksimalkan waktu yang ada, sehingga pada saat menetapkan DPTb-1 tidak ada masalah lagi,” katanya.

KPU Palu menjadwalkan rekapitulasi DPTb-1 di tingkat PPS selama tiga hari 21- 23 Oktober 2015.

“Rekapitulasi di tingkat kecamatan (PPK) pada 24-26 Oktober, dan terakhir di tingkat KPU Kota Palu 27- 28 Oktober 2015,” ungkapnya.

Zatriawati menjelaskan data DPTB1 masih ada kemungkinan untuk berubah.

“Data DPT dan DPTB1 ini dapat berubah, dengan catatan masih didapati pemilih ganda, ada yang meningal atau pindah domisili,” katanya. (ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: