Diprediksi, 2016 Pelabuhan Donggala Belum Bisa Beroperasi

PALU-Diprediksi pada tahun 2016 mendatang, Pelabuhan Pantoloan Palu yang akan dipindah ke Kabupaten Donggala belum bisa berfungsi, akibat masih banyaknya persoalan yang ada di lapangan. Salah satunya pembangunan terminal yang terhenti.

Terhentinya pembangunan terminal tersebut akibat kesepakatan pengelolaaan Pelabuhan Donggala antara Pemda dan pihak PT Pelindo empat wilayah Makassar Cabang Donggala.

Bahkan, sudah dua pekan setelah pondasi bangunan terminal digali, dihentikan sementara. Padahal Bupati Kasman Lassa belum lama ini pada sejumlah media mengatakan saat ini pembangunan terminal tinggal menunggui penyelesaian ditargetkan selesai Desember tahun ini.

Manager Pelindo Kawasan Kerja Donggala, Rudy Hartono mengatakan saat ini pihaknya masih menunggu tanggapan balik dari Pemkab Donggala terhadap beberapa usulan dan dua alternatif yang sudah ditawarkan soal lokasi dan juga draf kerja sama dalam pengelolaan.

Namun demikian sampai saat ini belum ada keputusan final terhadap yang diajukan pelindo, bahkan pihak Pemda kembali meminta foto kopy akte tanah lahan yang dikelola Pelindo untuk dipelajari.

“Karena itu kalau hal demikian terjadi maka sangat memprihatinkan akibat tidak adanya perencanaan pembangunan dari awal. Harusnya pembangunan harus matang dengan melakukan studi kelayakan sebelum dikerjakan, kalau itu terjadi maka hasilnya tidak maksimal,” kata Fathurahman Mansur, Senin (19/1) lalu(SULTENGPOS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: