Tidak Dipidanakan, Pecandu Narkoba Direhabilitasi

SULTENG POST – Rehabilitasi bagi pengguna narkoba yang saat ini masih menjadi pro dan kontra sepertinya masih akan dilanjutkan, bahkan akan ditingkatkan pasalnya. Selain dampak positif yang ditimbulkannya, rehabilitasi dianggap merupakan sebuah tindakan yang tepat untuk menyembuhkan pemakai narkoba dan bukan sebaliknya.

Saat ini jumlah pecandu narkoba Kota Palu yang telah direhabilitasi baik rehabilitasi rawat jalan dan rehabilitasi rawat inap telah mencapai 267 orang dengan berbagai latar belakang pendidikan dan usia. Jumlah ini masih jauh dari memuaskan bila dibandingkan dengan jumlah penyalah guna narkoba di Sulawesi Tengah yang tercatat pada tahun 2014 berjumlah 43.591 orang.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam memberantas peredaran narkoba, khususnya dengan metode rehabilitasi, BNN dan Kepolisian melakukan terobosan tidak hanya dengan menjamin tidak adanya proses hukum bagi pengguna yang berniat melakukan rehabilitasi, tetapi juga seluruh biaya akan ditanggung oleh pemerintah.

Kendati demikian, tindakan tersebut hanya akan diberikan terhadap mereka yang dengan sukarela mendatangi Polisi atau BNN untuk meminta dilakukan proses rehabilitasi, bukan terhadap mereka yang ditangkap lengkap dengan barang buktinya. Sebab, penangkapan terhadap pecandu atau pun pengedar akan diproses terlebih dahulu sesuai ketentuan hukum, apakah akan dilimpahkan ke proses rehabilitasi atau justru dipidanakan.

“Kalau mereka sesuai kemauan sendiri datang ke BNN atau kepada Polisi, pasti kami antar untuk rehab tidak dihukum.

Tetapi kalau tertangkap, dan terbukti ada BB biarpun mereka pemakai kami proses hukum, penyidikan tetap jalan rehab juga proses,” jelas Kepala BNN Kota Palu, AKBP Sahidi,SH.,MH.

Untuk informasi ini, pihaknya mengaku sudah melakukan berbagai upaya sosialisasi melalui forum-forum, media cetak, televisi dan radio. Dan bagi masyarakat Kota Palu yang ingin melaporkan adanya aktivitas jual-beli narkoba, atau pun pecandu narkoba yang ingin direhabilitasi, maka dapat langsung menghubungi nomor Kepala BNNK Palu 08124279711 atau nomer CS BNNK Palu 081226909076.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: