Rio Pakava Pemasok Kedelai Terbesar di Donggala

DONGGALA-Produksi kacang kedelai yang dihasilkan di Kabupaten Donggala paling banyak berasal dari Kecamatan Rio Pakava. Hasil panen kedelai mencapai 126 ton dengan luas panen 110 hektare tersebar di kecamatan paling ujung Barat Donggala itu.

“Dari itu, salah satu strategi pemecahan masalah tersebut adalah yang kita lakukan yaitu berupa Gerakan Tanam Perluasan Areal dan Peningkatan Indek Pertanaman kedelai di Desa Tinauka Kecamatan Rio Pakava,” kata Bupati Donggala melalui rilis baru-baru ini.

Dia mengaku jika peningkatan produksi kedelai masih banyak hambatan, terutama luas lahan dan rendahnya minat petani untuk membudidayakan tananman tersebut.

Maka dari itu, Bupati Donggala mendorong masyarakat di wilayah itu untuk terus memacu penanaman komoditi kedelai sebagai salah satu penompang hidup warga di Kecamatan Rio Pakava.

Bupati Kasman juga sempat mengunjungi Desa Tinauka pada acara tanam Perdana Perluasan Tanam (PAT) kedelai Senin pecan ke dua belum lama ini. “Tanam perdana dilakukan dalam rangka mendukung Upaya Khusus (UPSUS) Padi, Jagung,” katanya.

Dikatakan, dengan upaya mencapai swasembada kedelai yang ditargetkan pada tahun 2017. Perlu dipersiapkan rencana strategi dalam mengembangkan budidaya kedelai sejak tahun 2015 ini.

Kasman mengatakan, dalam menggerakkan kecamatan sebagai lokomotif pembangunan. maka, gerakan pembangunan dimulai dari kecamatan. “Sehingga, peranan dari masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan benar-benar dituntut lebih kreatif dan untuk meningkatkan derajat ekonomi dan kesejahteraan,” tutupnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: