Sungai Donggala Dipenuhi Sampah
Bantaran dan aliran sungai Donggala dipenuhi sampah limbah masyarakat. (Foto : Metrosulawesi/Jose Rizal)

Sungai Donggala Dipenuhi Sampah

Donggala, Metrosulawesi.com – Aliran sungai Kecamatan Banawa yang membelah kota Donggala, dipenuhi oleh sampah rumah tangga. Rendahnya kesadaran warga terhadap kebersihan lingkungan membuat sungai menjadi kotor.

Dari pantauan Metrosulawesi, di bantaran dan aliran sungai tampak berserakan sampah limbah masyarakat. Bahkan di belakang kantor LPM Kelurahan Boya, Jalan Pelabuhan, tumpukan sampah berjejal sampai ke muara sungai. Bukan hanya itu, di samping kantor cabang Bank Sulteng yang terletak di jalan arah pelabuhan Donggala, juga dipenuhi sampah sehingga menimbulkan kesan kumuh di ibukota Kabupaten Donggala ini.

“Pemerintah harus berperan aktif dalam menumbuhkan kesadaran masyarakat khususnya yang tinggal di bantaran sungai,” kata Tamsir, salah seorang warga setempat, Kamis (14/10/2015).

Menurutnya, peran pemerintah bisa dilakukan dengan memberikan sosialisai mengenai dampak negatif bagi warga jika terus membuang sampah di sungai.Camat Banawa, Muhammad kepada media ini mengatakan, selain masih rendahnya kesadaran warga akan kebersihan lingkungan, kendala utama bagi penanggulangan sampah di Kecamatan Banawa karena belum adanya mobil sampah di wilayah itu.

Selama ini, urusan kebersihan kota masih melekat di dinas PU Kabupaten Donggala. Muhammad mengusulkan pengadaan mobil sampah yang diserahkan kepada Kelurahan yang mengelolanya.

“Perlu ada pengadaan mobil sampah dan diserahkan kepada Kelurahan. Untuk pembangunan infrastrukturnya seperti bak sampah, ya kita serahkan ke PU sebagai dinas berwenang. Kalau ada mobil dan bak sampah yang tersedia, mudah-mudahan warga tidak lagi membuang sampah ke sungai,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: