Pemilihan Duta Putra-Putri Pariwisata Sulteng Warnai Penutupan FDP
Duta putri pariwisata Sulteng Jesika Mandagi asal kabupaten Sigi (Baju merah) dan putra duta pariwisata sulteng 2015 Rahmat Hidayat dari Parimo (Baju Hijau). (Foto : Wawan)

Pemilihan Duta Putra-Putri Pariwisata Sulteng Warnai Penutupan FDP

Poso – Festival Danau Poso (FDP) yang ke 18 dengan tema “Pesona rakyat padungku di wilayah Kecamatan Pamona Psselemba, Sulawesi Tengah” ditutup dengan acara grand final pemilihan putra dan putri duta pariwisata Sulteng 2015.

Kegiatan FDP yang berlangsung selama tiga hari sejak Rabu (8/10/2015) lalu dipusatkan di area lokasi danau Poso, Tentena, Jumat (9/10/2015) malam resmi ditutup. Sebanyak 25 peserta putra dan putri duta pariwisata Sulteng yang diikuti 1 kota dan 7 kabupaten ini ditampilkan dalam acara penutupan tersebut.

Sebelum terpilihnya duta finalis putra putri pariwisata, ke 25 peserta terlebih dahulu menampilkan Catwalk kepada dewan juri panitia, maupun para penonton yang memadati lokasi kegiatan tersebut.

Dalam pemilihannya, panitia juga menghadirkan putri pariwisata 2014 Syafirah Fajri Maulidayah asal Kalimantan Barat dan putri Bahari Sulteng 2014 Moriska Ramdani Timumu asal Kabupaten Banggai.

Kegiatan semakin meriah ketika 25 peserta satu persatu hadir dari balik panggung, tepukan tangan dan teriakan histeris pendukung mewarnai penampilan Catwalk duta putra putri pariwisata Sulteng.

Sementara itu, Pejabat Bupati Poso Sin Songgo dalam sambutannya mengapresiasi terhadap pemilihan duta putra-putri pariwisata yang bisa mendorong wisatawan. Menurutnya, ajang pemilihan tersebut bukan sekedar menampilkan keindahan fisik, namun memiliki wawasan yang luas tentang kepariwisataan.

Dari 25 peserta, para panitia dan juri sebelumnya mengumumkan 5 besar terbaik putra putri duta pariwisata Sulteng 2015, kelima finalisitu wajib menjawab pertanyaan yang sudah disediakan.

Dimana kelima finalis diberikan pertanyaan seputar budaya, masalah keamanan dan pembangunan daerah, setelah menunggu berjam-jam para dewan juri akhirnya memutuskan pemenangnya.

Dalam pemilihan ini, putri duta pariwisata Sulteng 2015 jatuh kepada Jesika Mandagi asal kabupaten Sigi. Sedangkan putra duta pariwisata Sulteng 2015 diberikan kepada peserta asal Parigi Moutung Rahmat Hidayat.

Sementara itu, peserta lainya yang juga mendapat penilaian khusus untuk kategori fotogenik putra Arlan Abraham dari Banggai, putra persahabatan Andri Wahyu Ahmad Ruslam dari Poso dan putra favorit Ahmad Nabani dari Poso, sedangkan untuk kategor putri fotogenit jatuh kepada Ade Rahmalia Kuswantri dari Poso, putri persahabatan Memely Patewa dari Morowali dan putri favorit Esmeralda Aprilia Tamunu dari Banggai.

Untuk diketahui, kedua putra dan putri duta pariwisata Sulteng 2015 yang terpilih nantinya akan menjadi perwakilan Sulteng di tingkat nasional, dalam pemilihan duta putra-putri pariwisata Indonesia 2015 yang akan digelar di Aceh pada Desember mendatang.(MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: