Penambang di Sungai Sausu Mulai Sepi

PARIGI-Pemerintah Kecamatan Sausu Kabupaten Parmout memastikan kegiatan tambang tradisional yang dilakukan sejumlah warga di bendungan Sungai Sausu mulai sepi dari biasanya.

Hal itu diungkapkan Camat Sausu, I Wayan Swett Ardianto yang ditemui Sulteng Post diruang kerjanya, Selasa (13/10).

Dia mengatakan, memang sejak ditemukan bahwa ada kandungan emas di bendungan Sungai Sausu, ratusan warga di Kecamatan Sausu mendadak menjadi penambang dilokasi tersebut. Namun, beberapa hari belakang hal itu tidak terlihat lagi, karena jumlah butiran emas yang ditemukan berdasarkan informasi sudah berkurang.

Sebenarnya kata dia, pihaknya sebagai aparat pemerintah kecamatan tidak menginginkan adanya kegiatan penambangan diwilayah tersebut, apalagi tidak memiliki izin. Sebab, akan menimbulkan banyak permasalahan, mulai dari kerusakan lingkungan hingga pada konflik antar warga.

“Sejauh ini memang belum ada warga yang mengeluh, ada kerusakan tanaman akibat aktifitas tambang di bendungan Sungai Sausu. Tapi tetap saja kami khawatir dengan kegiatan itu,” ujarnya.

Melihat situasi tersebut menurut dia, kemungkinan aktifitas tambang akan berhenti dalam jangka waktu dua minggu kedepan. Karena, sudah banyak warga yang berhenti melakukan kegiatan itu, serta hasil yang kurang menjanjikan.

Dia menambahkan, agar kegiatan tambang tersebut tidak terus dilakukan warga di Kecamatan Sausu, pihaknya sejauh ini telah menyampaikan himbauan-himbauan kepada warga, untuk tidak melakukan kegiatan itu. Bahkan, pendekatan secara persuasif kepada warga pun dilakukan pihaknya.

“Kalau berhadapan dengan masyarakat tidak dengan tim memang agak sulit. Tapi kami sudah tiga kali kesana, menyampaikan kepada warga agar tidak terlalu jauh melakukan kegiatan tambang itu,” tuturnya.

Berdasarkan amatannya, yang melakukan kegiatan tambang di bendungan Sungai Sausu tersebut, seluruhnya masih merupakan warga yang bermukim di Kecamatan Sausu dan bukan yang berasal dari luar daerah.(SULTENGPOS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: