Serapan Anggaran Dinas PU Donggala Rendah

Donggala – Ketua Komisi III DPRD Donggala Aziz Rauf mengatakan, penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Donggala 2015 masih rendah. Hingga Triwulan ke IV Oktober 2015, penyerapan anggaran baru 50 persen.

Berdasarkan hasil monitoring komisi III, masih ada beberapa pekerjaan infrastruktur yang belum dilaksanakan. Bahkan, masih ada pekerjaan yang belum dilakukan proses ditender.

“Memasuki Triwulan IV ini masih banyak pekerjaan fisik belum terlaksanan, misalnya irigasi di Tonggolobibi, jalan di Kecamatan Balaesang Tanjung, jalan yang mengubungkan Desa Wani-Lanta, Kecamatan Tanantovea pekerjaanya baru sekitar 30 persen,” kata Aziz, Senin (12/10/2015).

Aziz menilai, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang membidangi masalah infrastruktur itu turut memperburuk serapan anggaran APBD Donggala tahun 2015. Menurutnya, bila dinas yang dipimpin Happy Handayani Noor tidak segera bergegas memperbaiki kinerjanya, dikuatirkan berdampak pada pemenuhan target pembangunan di Kabupaten Donggala. Sehingga hal itu berdampak pula pada rencana kebijakan pemerintah pusat dalam mengucurkan anggaran 200 miliar tahun 2016 untuk Kabupaten Donggala.

“Rendahnya serapan anggaran ini kan bisa menjadi penilaian pemerintah pusat dalam memberikan bantuan. 70 milyar saja tidak bisa dikelola dengan baik, apalagi diberi anggaran 200 milyar,” sindirnya.

Aziz menyarankan agar Bupati Donggala melakukan evaluasi kinerja dinas yang serapan anggaranya masih rendah.

“Saran saya, Bupati harus mengevaluasi dinas yang serapan anggaranya masih rendah. Jika tidak, Kabupaten Donggala bisa disclaimer,” ungkapnya.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: