Pilkada Sigi, Pemasangan APK Paslon Dinilai Asal-Asalan

SULTENG POST – Pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Bupati dan Wakil Bupati Sigi menjadi sorotan oleh berbagai kalangan termasuk dari secretariat Pemda setempat.

Pemasangan APK yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sigi dinilai kurang baik, pasalnya baru beberapa bulan terpasang sudah banyak yang rusak. Padahal anggaran untuk pemasangan APK tersebut cukup besar.

“Mana tidak mau rusak jika kayu yang digunakan cepat patah, selain itu sebagian hanya menggunakan bambu, ada yang hanya menempel di pagar warga, Sementara anggaran yang diberikan oleh Pemda Sigi sangat besar, inikan dilihat hanya banyak mencari keuntungan” ungkap Didi Bakran Kepala Bagian Hukum Sekda Kabupaten Sigi, Senin (12/10/2015).

Lebih lanjut, Didi Bakran menyebut kebanyakan APK di pasang ditempat yang sunyi. Akibatnya, warga tidak dapat melihatnya serta banyak pengrusakan APK yang dilakukan oleh oknum yang tak bertanggung jawab.

“Banyaknya pengrusakan APK karena di pasang ditempat sunyi dan pengawas yang ditempatkan di masing-masing desa hanya satu orang, jika pengrusakan dilakukan oleh lima orang otomatis pengawas tidak akan berkutik” tambah Didi Bakran.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Setda Sigi Udin Djamadin mengungkapkan pengawasan disetiap desa harus ekstra ketat dan mampu bekerja sama dengan masyarakat agar tidak terjadi pengrusakan APK.

” Pengawasan harus melibatkan masyarakat karena semua ini adalah tanggung jawab kita semua,” katanya.

Menurut Udin Djamadin, jika kedapatan salah seorang warga melakukan pengrusakan perlu mendapat sanksi, karena APK merupakan salah satu asset Pemkab Sigi.

“Kalau jelas ada warga yang merusak itu harus di proses, karena dana APK di biayai oleh pemerintah sangat besar, dan juga tidak kalah penting adalah pengawasan harus diperketat,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: