3 Sektor Wujudkan Kedaulatan Pangan

DONGGALA-Bupati Donggala Kasman Lassa mengatakan guna mewujudkan swasembada menuju kedaulatan pangan, harus melakukan perubahan pada tiga sektor yang fundamental.

Hal itu disampaikan Bupati pada penutipan Hari Pangan Sedunia tingkat Sulteng yang dipusatkan di Kelurahan Kabonga, Kecamatan Banawa belum lama ini.

“Pertama, revolusi mind set kultur impor menjadi kultur produksi, kedua cara berfikir yang inovatif, kreatif dan sistematis dan ketiga adalah cara kerja baru yang penuh spirit kebaruan, berbasis IT, integrated sistem dan kerja keras,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, guna menopang hal tersebut, diperlukan adanya pemenuhan atas pangan bagi masyarakat secara cukup, terjangkau dan tersedia setiap saat.

“Hal ini juga merupakan hak azasi setiap warga negara atas pangan yang pemenuhannya menjadi tanggung jawab pemerintah, amanat UU no 18 tahun 2012 tentang pangan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat aktif dan produktif dapat tercapai,” terangnya.

Dia mengatakan, saat ini pihaknya menghadapi persoalan iklim yang cukup mengkhawatirkan karena terkait dengan tantangan dalam mewujudkan swasembada pangan (padi, jagung dan kedele serta daging).

“Meningkatnya suhu udara dan berkurangnya kapasitas air untuk irigasitelah mengakibatkan merosotnya hasil panen danterganggunya jadwal tanampada beberapa daerah sentra produksi,” tuturnya.

Sehingga target program pajale musim tanam 2014/2015 sampai saat ini belum memenuhi standar yang ditetapkan oleh Kementerian Pertanian.

Sehingga, dibutuhkan upaya antisipasi dan strategi dalam mengatasi persoalan tersebut secara terpadu dan holistik.

“Pemicu utama naiknya inflasi di Sulteng adalah melonjaknya harga pangan strategis seperti beras, cabe, bawang merah, daging, ikan, susu, kondisi ini akan berdampak secara sistimatis pada asupan gizi masyarakat dan munculnya fenomena penduduk rawan pangan,” ungkapnya.(SULTENGPOS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: