Donggala Berkontribusi Dalam Pencapaian Surplus Beras

DONGGALA-Kabupaten Donggala memberi kontribusi yang besar dalam pencapaian surplus beras di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Donggala telah memberikan kontribusi kepada Sulawesi Tengah atas surplus beras,” kata Bupati Donggala Kasman Lassa, Minggu.

Secara umum ketahanan pangan di Kabupaten Donggala stabil. Hal itu dapat dilihat dari beberapa indikator antara lain luas tanam dan luas panen padi yang tidak mengalami hambatan.

Pada 2014 luas tanam padi mencapai 19.142 hektare dengan realisasi luas panen mencapai 23.833 hektare. Produksi padi tahun 2014 mencapai 110.893 ton gabah kering giling atau setara dengan 63.209,01 ton beras.

Sedangkan tingkat kebutuhan penduduk Kabupaten Donggala tahun 2014 berjumlah 287.921 jiwa dengan asumsi kebutuhan 134,17 kilogram per kapita per tahun.

Kabupaten Donggala mengalami surplus padi sebesar 24.578.65 ton sehingga kondisi ketahanan pangan stabil.

“Pemenuhan kebutuhan masyarakat khususnya padi untuk Kabupaten Donggala masih bisa bertahan dan menyediakan kebutuhan tersebut dalam situasi kemarau seperti yang kita rasakan saat ini,” kata Kasman.

Kondisi itu juga diikuti ketersediaan komoditas pangan lainnya berupa jagung, kedelai, kacang-kacangan dan umbi-umbian. Produksi sayuran Kabupaten Donggala mencapai 13.286 ton dan buah-buahan mencapai 33.283 ton.

Ia menyebut, konsumsi ikan dan daging terus mengalami peningkatan. Namun hal itu tidak ditunjang dengan ketersediaan sumber pangan hewani seperti daging. Sementara telur dan ikan masih dalam kategori kurang tersedia.ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: