Pemkot Diminta Serius Tangani Sampah
Dewan minta agar Pemkot Palu serius tangani sampah. (Foto : Ist)

Pemkot Diminta Serius Tangani Sampah

Palu – Pemerintah Kota Palu didesak untuk lebih serius menangani persoalan sampah demi kepentingan pencapaian pembangunan di bidang lingkungan.

Anggota Komisi III Bidang Pembangunan DPRD Kota Palu, Sophian R Aswin di Palu, Selasa (6/10), mengatakan salah satu kewajiban Pemkot Palu lewat Dinas Kebersihan dan Pertamanan adalah membersihkan kota atau mengangkut sampah yang menumpuk di tempat-tempat umum.

Ia mengatakan untuk mewujudkan visi pemerintah kota menjadikan Kota Palu sebagai kota teluk berbasis lingkungan serta kota untuk semua, maka pemerintah harus menjaga kebersihan kota dan membangun kesadaran masyarakat tentang kebersihan kota.

Menurut dia, sosialisasi dan peningkatan pemahaman masyarakat tentang kebersihan atau bahaya sampah, belum optimal dilakukan oleh Pemkot Palu, sehingga masyarakat cenderung tidak menjaga kebersihan lingkungannya.

Disisi lain, katanya, minimnya sarana dan prasana membuat penanganan sampah masih memprihatinkan.

“Banyak sekali faktor yang mempengaruhi sehingga penanganan sampah terkesan amburadul. Itu harus dibenahi pemkot secara perlahan-lahan,” ujarnya.

Dinas Kebersihan tidak boleh berharap pada program padat karya untuk membersihkan kota karena akan membuat pengangkut sampah atau pekerja pada dinas kebersihan yang bertugas sebagai penyapu jalan tidak maksimal bekerja.

Kepala Devisi Riset dan Kampanye LSM relawan Untuk Orang dan Alam (ROA) Sulteng Givent Lasimpo menyebut Pemkot Palu harus mempunyai data yang akurat mengenai produksi sampah per orang, per rumah tangga, perhari dan perbulan.

“Sulit menangani sampah jika pemkot tidak mengetahui berapa produksi sampah yang dihasilkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Menurut dia, tersedianya data tentang produksi sampah akan membuat pemkot lebih mudah menyediakan kebutuhan sarana dan prasarana dalam penanganan kebersihan kota.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: