Kasus PT KLS Senin, Wardani Murad Diperiksa Polisi

MOROWALI-Direktur Utama PT Kurnia Luwuk Sejati (KLS) Wardani Murad, perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit bakal diperiksa polisi sebagai saksi pada Senin (12/10/2015) pekan depan.

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Morowali AKP Hary Kartono melalui Kanit Tipidter, Aiptu Ruben Hehi mengatakan, surat panggilan untuk Wardani Murad sudah dikirimkan belum lama ini.

Wardani Murad akan diperiksa berkaitan dengan dugaan kasus tidak adanya Izin Usaha Perkebunan (IUP) dan Hak Guna Usaha (HGU) di wilayah Kecamatan Bungku Utara dan Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali Utara.

Ruben mengaku hingga saat ini belum mendapat konfirmasi terkait hadir dengan tidaknya orang utama di jajaran PT KLS tersebut.

Namun dia berharap agar Wardani Murad bisa segera memenuhi panggilan demi kelancaran pengusutan dugaan kasus kebun sawit itu.
“Surat panggilannya sudah diterima pengawas kantor PT KLS di Luwuk atas nama Indra L,” katanya, Jumat (9/10/2015).

Dia mengatakan, hingga hari ini polisi baru mendapat sebagian dokumen berkaitan berdirinya PT KLS di dua kecamatan tersebut diantaranya profil perusahaan yang diterima Polres Morowali PT KLS berkantor di Jalan Sam Ratulangi Nomor 98 Luwuk.

Ruben mengatakan, PT KLS sudah melanggar Undang-Undang Perkebunan lantaran tak memiliki IUP dan HGU di Kecamatan Bungku Utara dan Mamosalato dimana disebutkan dalam pasal 105, setiap perusahaan perkebunan yang melakukan budidaya tanaman perkebunan dengan luasan skala tertentu dan/atau usaha pengolahan hasil perkebunan dengan kapasitas pabrik tertentu yang tidak memiliki Izin Usaha Perkebunan sebagaimana dimaksud dalam pasal 47 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda paling banyak Rp10 miliar(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: