Dinsos Tunggu Koordinasi Soal Bantuan Petani

SULTENG POST- Dinas Sosial Kabupaten Banggai akan memberi bantuan pada petani yang tertimpa musibah gagal panen, jika ada laporan dari instansi teknis yaitu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Namun, selama belum ada laporan Dinsos belum mengambil langkah. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Bantuan Sosial, Agus Gunadi, kemarin.

“Kami akan melakukan tindakan selama ada koordinasi atau laporan dari BPBD, terkait jumlah petani yang mengalami gagal panen. Karena yang lebih dulu mengambil langkah atau musibah itu, adalah BPBD,” ungkapnya.

Sejauh ini kata dia, belum ada laporan dari instansi teknis. Mestinya, instansi teknis bisa berkoordinasi dengan Dinsos.

“Gagal panen adalah bagian dari musibah bencana sosial. Tapi tidak serta merta yang disoroti adalah Dinsos. Sebab, Dinsos hanya akan memberikan bantuan jika ada laporan dari BPBD, berkaitan dengan jumlah petani yang terkena dampak. Selama tidak ada laporan, maka tidak akan ada tindak lanjut dari kami,” ujarnya.

Sehingga lanjut Agus, Dinsos bukan berarti lepas tangan atas musibah bencana sosial yang dialami petani di kabupaten Banggai, akibat gagal panen. “kita tidak mungkin lepas tangan, selama ada koordinasi yang jelas. Bagimana kita mengambil tindakan, datanya saja tidak jelas karena belum dilaporkan,” cetusnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: