Produksi Palawija Donggala Turun Drastis

Donggala – Musim kemarau yang berkepanjangan membuat produksi Palawija di Kabupaten Donggala menurun antara 15 sampai 50 persen. Hasil produksi saat ini, tidak lagi melimpah seperti tahun sebelumnya.

“Penurunan drastis pada tanaman Palawija, karena semua ditanam pada lahan kering yang hanya mengandalkan air hujan. Selama musim kemarau tahun ini, banyak petani Palawija yang tidak lagi menanam, akibatnya produksi Palawija menurun,” kata Kepala Seksi Perencanaan Distanak Keswan Kabupaten Donggala, Ishak Nazaruddin belum lama ini di Banawa.

Menurutnya, perubahan produksi Palawija di Kabupaten Donggala terjadi dalam tiga bulan terakhir. Pada tahun lalu, potensi Palawija cukup melimpah. Hal itu tergambar dalam data tanaman pangan, menyebutkan pada tahun 2014 lalu panen jangung dari luas panen 3.275 hektar dapat menghasilkan 12.640 ton. Kacang tanah pada tahun yang sama memiliki luas panen 328 hektar dapat menghasilkan 404 ton.

“Tetapi bila bulan Desember nanti sudah mulai musim penghujan, maka produksi palawija akan kembali normal,” kata Nazaruddin optimis.

Dari data Dinas Pertanian Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Donggala menyebutkan, di antara tanaman Palawija yang mengalami penurunan. Yaitu jagung turun 30 persen, kacang tanah turun 5 persen dan kacang hijau turun 60 persen. Demikian halnya ubi kayu yang cukup dikenal sebagai hasil Palawija di Donggala, kini turun produksinya hingga 40 persen dan ubi jalar turun 15 persen.

Dari data yang itu pula menyebutkan, produksi Palawija seperti kacang tanah di Kabupaten Donggala dari tahun ke tahun mengalami penurunan produksi dan luas panen. Hal itu dibuktikan pada tahun 2011 lalu luas panen masih berkisar 655 hektare dengan produksi 1.064 ton. Demikian halnya ubi yang pernah memiliki luas panen 443 hektar kini tinggal 329 hektar, dengan produksi yang juga menurun sebagaimana penurunan ubi jalar dari 197 hektar menjadi 139 hektar.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: