Dalam Segi Pelayanan, PLN Harus Ubah Tiga Hal Buruk

PALU-PT PLN Area Palu diminta untuk mengubah tiga hal buruk yang dilakukan selama ini dalam pelayanan kepada masyarakat di Kota Palu.

Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sulawesi Tengah Salman Hadianto mengemukakan, tiga hal itu adalah pertama, PLN dalam menerima aduan, cenderung selalu melihat pangkat, golongan, kedudukan pengadu atau siapa yang mengadu.

Hal buruk kedua adalah kepada siapa mengadu dan yang ketiga dalam kondisi apa atau seperti apa masyarakat mengadu.

“Itu tiga model yang tidak baik, yang cenderung dirasakan oleh masyarakat dan kita sering lihat,” ujar Salman, Ahad (4/10/2015).

Ia menyebut terkadang bila yang mengadu ke PLN itu adalah orang yang memiliki status sosial tinggi di masyarakat, atau memiliki golongan, pangkat dan kedudukan, maka aduan orang tersebut cepat di respon atau diterima dan ditindaklanjuti oleh PLN Area Palu.

Tetapi, apabila yang mengadu ke PLN masyarakat biasa atau masyarakat yang tidak memiliki pangkat dan golongan, maka respon PLN atas aduan tersebut sangat lambat.

Selanjutnya, kata dia, jika yang menerima laporan atau yang ditemui masyarakat hanya staf biasa di kantor PLN, maka aduan masyarakat juga lambat direspon oleh PLN.

“Mestinya, siapapun dia ketika datang ke kantor PLN dan mengadukan apapun terkait pelayanan listrik, maka harus dilayani dan diterima serta ditindak lanjuti secara cepat dan tepat tanpa pilih kasih,” katanya tegas.

Mestinya, katanya, pengaduan masyarakat harus diterima dan ditanggapi dengan baik serta ditindak lanjuti dengan cepat oleh PLN Palu, meski yang menerima laporan hanyalah staf atau bawahan biasa.
Dengan model buruk tersebut, tidak heran kalau masyarakat atau konsumen PLN cenderung marah.

“Biasanya PLN cepat merespon aduan masyarakat, jika masyarakat datang berbondong bondong dengan membawa senjata tajam ke kantor PLN, barulah cepat PLN menindaklanjutinya,” katanya.

Terkait hal itu Asisten Pembangkit Listrik PLN Area Palu Sigit Haryono menyatakan PLN terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Bahkan PLN bersedia untuk mengganti rugi barang elektronik yang rusak yang disebabkan oleh tegangan listrik.

“PLN siap untuk melayani masyarakat, dan bersedia mengganti rugi barang elektronik masyarakat yang rusak akibat gangguan tegangan listrik,” ucapnya. ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: