Baperda Tolak Bahas Ranperda RDTR

Palu – Baperda memutuskan tidak akan membahas Ranperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Teluk Palu dengan alasan hingga kini persetujuan gubernur atas Raperda tersebut belum turun.

Salah satu anggota Baperda Ridwan Alimuda mengatakan, dengan tidak dibahasnya Ranperda RDTR Teluk Palu, maka reklamasi Pantai Talise dengan sendirinya tidak bisa dilaksanakan.

“Reklamasi belum bisa dilaksanakan, pertama Perda RTRW belum direvisi, kedua Ranperda RDTR Teluk Palu belum ada,” kata Politisi PPP ini, Rabu (30/9/2015).

Alasan penghentian reklamasi Pantai Talise karena dewan tidak ingin Pemkot bermasalah dengan hukum. Dewan tidak ingin seakan-akan sampai dipaksa mengikuti hal yang salah.

“Jangan sampai Ranperda RDTR Teluk Palu kita tidak bahas, tapi sudah dilaksanakan perubahan-perubahan tentang Teluk Palu itu berarti suatu pelanggaran hukum,” ujarnya.

Ridwan menegaskan, harusnya reklamasi dihentikan, meski hanya sementara tetapi itu sangat penting. Agar supaya tidak muncul gerakan-gerakan yang mempermasalahkan aktivitas itu.

“Apalagi sudah banyak yang mempertanyakan, kenapa dewan hanya diam terkait kegiatan reklamasi,” tambahnya.

Dia menjelaskan reklamasi baru bisa berjalan jika RDTR Teluk Palu sudah ada. Kalau tidak dihentikan itu persoalan hukum.

“Dewan tidak ingin melegitimasi perbuatan yang salah. Jika Raperda RDTR pembahasannya dihentikan, maka hentikan reklamasi,” tukasnya.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: