Masih Ada Pemilih Belum Terdaftar

POSO-KPU Poso kembali menggelar rapat pleno untuk yang kesekian kalinya. Rapat itu bertujuan melaksanakan proses pemutakhiran data pemilih pada pilkada serentak tahun ini.

Pada rapat pleno tersebut, Jumat (2/10) terungkap masih ada warga yang belum terdaftar sebagai pemilih.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Poso Kota Utara, Kelurahan Lawanga Induk, tercatat ada 84 warga yang belum terdata sebagai pemilih.

Hal ini baru diketahui setelah dalam rapat pleno, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Poso Kota Utara menetapkan daftar pemilih tetap (DPT).

Dalam proses pemutakhiran data pemilih ini, KPU menggunakan sistem data pemilih (Sidalih), namun dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Poso, ada 2 kecamatan yang masih menggunakan sistem perhitungan manual, salah satunya Kecamatan Poso Kota Utara.

Komisioner KPU, Karel Rompas mengatakan, penggunaan sistem Sidalih merupakan ketentuan pelaksanaan pilkada.

“Jadi, tidak perlu dipertentangkan mana yang lebih baik apakah Sidalih atau sistem perhitungan manual. Nanti hasil perhitungan manual itu kita masukkan dalam sistem Sidalih juga,” katanya.

Data terakhir sebagaimana hasil rapat pleno KPU beberapa waktu lalu, jumlah DPS yang ada di Kabupaten Poso sebanyak 160.624.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: