Dikti Bekukan Dua Kampus di Sulteng

Palu, Metrosulawesi.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi telah membekukan dua kampus di Palu, Sulawesi Tengah yakni Universitas Alkhairaat (Unisa) Palu dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Panca Bhakti Palu. Status nonaktif kedua perguruan tinggi swasta diketahui dari data Forlap Dikti yang diakses Rabu (30/9/2015) pukul 23.00 Wita.

Koordinator Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Prof Dr Ir Andi Niartiningsih MP mengatakan, penonaktifan PDPT tersebut tidak berpengaruh pada mahasiswa aktif, namun akan beda cerita jika mahasiswa tersebut diwisuda pada saat PDPT kampusnya masih dinonaktifkan.

“Kalau mahasiswanya, tidak ada masalah, karena proses belajar mengajar harus tetap berjalan. Namun jika mahasiswa tersebut diwisuda pada saat PDPT-nya masih dinonaktikan, itu yang bermasalah,” ujar Andi Niartiningsih sebagaimana dikutip dari Rakyatku.com, Rabu (30/9/2015).
Oleh karena itu, Andi Niartiningsih mengimbau agar PTS yang belum diaktifkan kembali PDPT agar tidak menggelar wisuda sebelum memperbaiki penyebab penonaktifannya tersebut. Hal tersebut dikarenakan akan berdampak negatif pada ijasah alumni.

“Kalau mereka mewisuda mahasiswa dalam keadaan PDPT masih dinonaktifkan maka ijazah mahasiswa tersebut nantinya akan bermasalah,” tegasnya.

Selain itu, ia juga menegaskan satu-satunya pilihan jalan keluar adalah PTS yang dinonaktifkan segera memperbaiki diri agar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: