Korupsi Pengadaan Ternak Sapi, Penetapan Tersangka Tinggal Menunggu Waktu

POSO-Penetapan tersangka dugaan tindak pidana korupsi terkait pengadaan bantuan pengadaan ternak sapi di lingkungan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Poso yang bersumebr dari dana APBD tahun anggaran 2014 tinggal menunggu waktu.

“Berdasarkan hasil penyelidikan, maka dalam waktu tidak telalu lama lagi kami akan menetapkan tersangkanya,” terang Kasat Rekrim Polres Poso, AKP Nasarudin ditemui di ruangannya, Kamis (1/10).

Penetapan tersangka tersebut setelah tingkat penyelidikan pemeriksaan semua bukti dan sejumlah saksi telah memenuhi syarat.

Dijelaskan Nasarudin, kasus tersebut telah masuk dalam tahap tingkat penyidikan, namun pihak Reskrim belum menentukan siapa tersangka dalam kasus sapi itu.

“Saat ini kami akan melakukan koordinasi dengan pihak BPKP untuk menentukan untuk menentukan jumlah kerugian negara akibat dugaan Tipikor yang terjadi di lingkungan Dinas Nakeswan Poso tersebut,” urai Nasarudin.

Sementara itu, berdasarkan data yang diperoleh media ini, bahwa pengadaan sapi tahun 2014 yang menelan anggaran senilai Rp600 juta yang berjumlah 80 ekor sapi. namun, berdasarkan keterangan yang ada, terjadi pelanggaran karena saat penyaluran sapi, hasilnya tidak ternyata sesuai peruntukannya alias salah sasaran.

”Jadi, ada pihak yang diuntungkan dan ada pihak yang dirugikan dalam pembagian sapi sapi tersebut. Parahnya ada juga kelompok yang seharusnya mendapat bantuan justru terabaikan. Sementara kelompok tani yang tidak terdaftar (kelompok fiktif) justru mendapat bantuan sapi,” bebernya.

Nasarudin menegaskan, dari hasil penyelidikan, sejumlah pihak telah dimintai keterangan terkait dugaan kasus tersebut antara lain, Kepala Dinas Peternakan, Chris Ntaba, pihak ketiga selaku pelaksana penyedia sapi, pengatur pembagian sapi dan sejumlah kelompok tani peternakan.

”Saat ini juga, kami masih memeriksa penyedia sapi lainya di Polres, ini sementara di periksa,” tuturnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: