Kapolsek Palu Selatan, Mediasi Masalah Pipa Air PDAM di Kawatuna

PALU- Untuk mengelola potensi konflik antar warga atas pembangunan pipa air di Kelurahan Kawatuna, Polres Palu beserta instansi terkait berupaya untuk meredam suasana dengan melakukan rapat koordInasi, di Baruga Kelurahan Kawatuna Selasa (29/9/2015).

Pertemuan tersebut dihadiri Kapolsek Palu selatan AKP Poltak YP Simbolon, Bhabinkamtibmas Kawatuna, perwakilan Kelurahan Kawatuna, Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, perwakilan masyarakat Kawatuna.

Dari pertemuan tersebut, masyarakat menyetujui pembangunan pipa air dilanjutkan,karena ini merupakan hasil aspirasi masyarakat dalam Musrenbang tahun 2014, dengan tujuan untuk menambah debit air dibak penampungan Kelurahan Kawatuna.

Sebelumnya, masyarakat menolak pembangunan pipa air tersebut dikarenakan kurangnya sosialisasi dari pihak kelurahan terkait pembangunan pipa air oleh Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu. Harapan masyarakat, setelah pembangunan pipa air selesai, untuk pembagian atau pendistribusian air dari bak penampungan dapat kembali mengundang perwakilan masyarakat, Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu, PDAM Kota Palu, PDAM Donggala dan pihak Kepolisian, sehingga kebutuhan air masyarakat Kawatuna dapat tercukupi.

Dalam pertemuan tersebut situasi aman terkendali dan dicapai keputusan bersama yang seimbang dan tidak merugikan kedua belah pihak.

Kepala Polres Palu AKBP Basya Radyananda SIK mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan agar tidak terjadi kesalahpahaman baik antara masyarakat Kelurahan Kawatuna dan Pihak Dinas Pekerjaan Umum Kota Palu. Sehingga realisasi pembangunan pipa air dapat tercapai. Mengingat pembangunan pipa air tersebut, bukan hanya untuk kepentingan satu pihak saja melainkan untuk kepentingan bersana.

Kapolres juga berharap seluruh m,asyarakat Kota Palu, untuk tetap menjaga situasi keamanan dan ketertiban di Kota Palu, khususnya di Kelurahan Kawatuna. Dan juga agar masyarakat tidak mudah terprovokasi atau tersulut emosi terhadap situasi-situasi yang terjadi di Kelurahan kawatuna. */ROA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: