Camat Banawa Imbau Waspada Kebakaran Hutan

Sejumlah wilayah Indonesia termasuk di Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) juga masih dilanda musim kemarau yang berkepanjangan. Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk turut serta menjaga menjaga lingkungan, khususnya terjadinya kebakaran hutan.

PALU-Imbauan tersebut disampaikan Camat Banawa, Kabupaten Donggala, Mohamad kepada Sulteng Post di ruang kerjanya Selasa kemarin (29/9).

Selain itu, Mohamad meminta agar masyarakat mewaspadai ancaman kebakaran hutan dan lahan karena saat ini suhu udara di Banawa begitu panas.

“Ranting dan dedaunan pohon yang kering akan sangat mudah terbakar, baik karena sinar matahari langsung maupun aktivitas manusia yang mengakibatkan terjadinya kebakaran hutan. Saya imbau jangan bakar-bakar sembarangan,” imbaunya.

Berbagai aktivitas yang berpotensi menjadi pemicu terjadinya kebakaran hutan seperti buang puntung rokok yang masih menyala ke hutan, pembukaan lahan dengan cara membakar hutan, dan lainnya.

“Kalau ada kebakaran hutan, cepat informasikan instansi terkait,” kata dia.

“Alhamdulillah, sejauh ini kalau untuk kebakaran hutan belum ada, cuma kalau kebakaran semak-semak ada dan alhamdulillah juga tidak sampai meluas dan memakan korban jiwa,” paparnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: