Pemkot Usulkan Lima Ranperda, Termasuk RDTR dan RTRW

Palu – Pemkot Palu masukan usulan lima Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) untuk masa persidangan Cawu III tahun 2015. Kelima masing-masing ranperda tersebut adalah Rencana Detail Tata Ruang (RDTR), perubahan Perda nomor 16 tahun 2011 tentang rencana tata ruang tata wilayah (RTRW) 2010-2013, Ranperda tentang sarana, prasarana, utilitas perumahan dan permukiman, serta penyelenggaraan perpustakaan kearsipan daerah. Badan musyawarah ranperda diberi waktu kerja selama tiga hari, mulai 30 September–2 Oktober.

Anggota Bamus Ridwan Basatu mempertanyakan pemisahan Ranperda Penyelenggaraan Perpustakaan dan Ranperda Kearsipan.

“Kenapa dua ranperda ini dipisah, padahal sebelumnya menjadi satu usulan ranperda,” kata Ridwan Basatu.

Ketua badan pembentukan Perda Tamsil Ismail juga mempertanyakan usulan ranperda terkait rancangan peraturan daerah tentang prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan pemukiman.

“Apakah ini ranperda baru atau hasil revisi,” kata Tamsil.

Menanggapi pertanyaan anggota Bamus, Asisten II Pemkot Palu Ansar Sutiadi mengatakan, pemisahan dua ranperda tersebut berdasarkan tupoksi. Dimana urusan kearsipan dan urusan perpustakaan berbeda SKPD. Sehingga ketika menjadi Perda atas inisiasi DPRD Kota Palu, akan gampang terimplementasi oleh SKPD yang bertangung jawab dengan urusan kearsipan maupun urusan perpustakaan.

“Ini berbeda tupoksi makanya dipisah,” kata Ansar.

Sementara Ranperda prasarana, sarana dan utilitas perumahan dan pemukiman merupakan perda baru. Pengusulan ini dikarenakan banyak sekali sarana umum perlu diberi regulasi yang kuat. Contoh kasus yang terjadi banyak pengembang yang harus menyisihkan tanahnya 30 persen, namun terkadang lalai. Tidak diserahkan kepada pemerintah kemudian digunakan lagi.

“Perda baru dan berharap kerjasama dengan legislatif. Agar tahun depan menjadi kekuatan hukum pemkot. Untuk memanfaatkan RTH yang ada. Sangat berharap dapat diselesaikan tahun ini,” ungkap Ansar.

Selain itu, pemkot juga mendorong RDTR dan RTRW, mengingat dinamika kota tahun ini sangat luar biasa. Sepuluh tahun angka statistik peningkatan yang luar biasa. Baik disisi pendapatan asli daerah (PAD). RDTR adalah turunan dari RTRW yang akan di revisi.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: