Festival Layang-layang Donggala Dimeriahkan Turis Asing

Donggala – Festival Layang-layang yang diselenggarakan Pemerintah Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala, digelar di Anjungan Gonenggati pada Minggu (27/9/2015) lalu, diikuti oleh ratusan masyarakat Donggala dan dimeriahkan partisipan dari luar negeri.

“Acara ini digelar sebagai salah satu respon atas visi-misi Bupati Donggala untuk menjadikan Donggala sebagai kota wisata,” kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Donggala, Ismail dalam sambutannya.

Dia berpendapat, agar wisata Donggala mendunia memang perlu dilakukan kegiatan yang melibatkan masyarakat luas. Dan salah satu kegiatan tersebut adalah dengan menggelar festival layang-layang.

Sementara ketua panitia, Agus wahid ditemui ditempat kegiatan mengatakan, festival layang-layang ini bertujuan untuk menumbuhkan kembali minat masyarakat atas permaianan layang-layang, yang belakangan ini sudah jarang dimainkan oleh anak-anak.

“Kenapa kita memilih festival layang-layang, karena selama ini anak-anak kita lebih banyak bermain game dan internet. Sehingga permainan ini sudah jarang dimainkan,” katanya.

Selain itu, kata dia, dimana-mana layang-layang menjadi daya tarik pariwisata. Menurutnya, kegiatan ini sebagai aksi nyata untuk menyahuti dan mendukung cita-cita pemerintah daerah untuk menjadikan Donggala sebagai wilayah destinasi wisata.

Wahid menjelaskan, kategori penilaian untuk peserta festival layang-layang tersebut antara lain layang-layang model ketupat, layang-layang model perahu, dan layang-layang dengan model paling unik.

Peserta festival layang-layang tersebut berasal dari beberapa kelurahan yang di kota Donggala, siswa sekolah dari SD, SMP, dan SMA/SMK atau yang sederajat, dan masyarakat umum. Termasuk beberapa orang turis asing yang sedang berlibur di Tanjung Karang.

“Kita berharap, partisipasi para turis asing ini akan berdampak positif bagi perkembangan wisata di Donggala,” pungkasnya.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: