Warga Diimbau Cegah Kebakaran Hutan

PALU-Musim kemarau yang berkepanjangan mengakibatkan sejumlah lahan dan hutan serta semak-semak belukar rentan terjadi kebakaran dimana saja. Masyarakat pun diminta untuk mencegah hal itu.

Demikian disampaikan salah satu aparat Desa di Bukit Indah, Kecamatan Rio Pakava Donggala, Lukman Hakim, dimana lokasi ini rawan terjadi kebakaran, baik disengaja maupu tidak disengaja.

Lukman Hakim yang menjabat sebagai Wakil Ketua BPD itu mengatakan masyarakat jangan membuang puntung rokok sembarangan di lahan-lahan yang rawan terjadi kebakaran.

“Bencana kebakaran menjadi bencana kita semua. Jadi saya mengimbau jangan membuang puntung rokok sembarangan dan jangan membakar lahan jika membuka lahan untuk keperluan perkebunan,” katanya kepada wartawan, Minggu (27/8).

Dia mengatakan kebarakan sudah sering kali melanda wilayah Kecamatan Rio Pakava akibat pembukaan lahan warga. “Kalau musim seperti ini diharapkan pengertiannya agar tidak membakar lahan semabarangan,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Arsiani Pejabat Sementara (PJS) Desa Buktit Indah. Dia mengatakan hutan alang-alang dan lahan gambut membuat gampang terbakar sehingga perllu diantisipasi sejak awal.

Tokoh masyarakat setempat Mato mengatakan sejak bebeapa tahun silam memang pembakaran hutan menjadi tradisi jika membuka lahan perkebunan untuk di tanam sawit maupun kebun lainnya.

Mato yang juga mantan kepala Desa itu mengatakan kebakaran hutan menjadi bencana besar bagi masyarakt Donggala dan sekitaranya yang berdampak pada penyakit ispa dan mengganggu berbagai aktifitas lainnya. “Lebih baik mengantisipasi,” singkatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: