Pemkot Bentuk Pokja Khusus Taman

PALU-Pemerintah Kota (Pemkot) Palu akan membentuk Pokja (kelompok kerja) menangani masalah taman di Kota Palu. Hal ini dikatakan Kasubag Pembangunan Setda Kota Palu, Ibnu Mundzir.

Ia mengtaakan, hal ini merupakan tindaklanjut beberapa keluhan masyarakat mengenai kondisi pertamanan dan tentang pengelolaan pertamanan di Kota Palu.

“Karenanya banyaknya keluhan masyarakat, kita akan rapat koordinasi dengan semua SKPD terkait untuk membahas persoalan pertamanan,” pungkasnya, Jumat (25/9/2015).

Intinya kata Ibnu, bagaimana problematika taman ini bisa tertangani secara tuntas, khususnya penanganan kebersihan, ketertiban, keamanan, premanisme serta lahan parkir.

“Maka untuk itu diputuskan pembentukan pokja khusus taman, yang ditangani para stekholder seperti Dinas Kebersihan, Pol PP, Dinas Penataan Ruang, Perindagkop dan SKPD terkait lainnya,” katanya.

Ibnu mencontohkan kondisi kondisi taman Gor yang kini banyak pedagang didalamnya. Padahal awalnya ada kesepakatan untuk tidak menjadikan warung didalam taman sebagai tempat tinggal dan base camp. Hal ini mengakibatkan taman terlihat kumuh.

“Ini yang harus ditata, makanya Dinas Kebersihan diminta untuk mengidentifikasi masalah yang ada dilapangan, hasilnya nanti akan dipetakan untuk dapat dilakukan tindakan apa yang dapat dilakukan,” lengkapnya.

Untuk tahap awal, tim pokja akan menggarap tiga taman, yakni taman Gor, Taman Nasional dan taman Anjungan Nusantara.

“Hal ini untuk menjadikan ketiga taman itu sebagai taman yang aman, nyaman dan sehat, yang dapat diakses orang tua dan anak-anak 24 Jam, dengan dipasang Wifi, serta saran pendukung lainya, seperti penjaga keamanan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: