Bulog: Stok Beras di Sulteng Aman

PALU-Kepala Perum Bulog Sulawesi Tengah Ma’ruf menjamin stok beras di daerah itu hingga kini masih aman dan pengadaan terus berjalan.

“Kami masih punya persediaan beras di gudang mencapai 17.000 ton,” kata Ma’ruf, akhir pekan lalu.

Ia mengatakan dengan posisi stok tersebut, masyarakat Sulteng tidak perlu khawatir kekurangan beras.

Paling tidak, ketersediaan beras sebanyak itu cukup untuk memenuhi kebutuhan penyaluran di kabupaten dan kota di Provinsi Sulteng hingga enam bulan mendatang.

Jadi, meski dalam tahun ini juga Bulog, kata Maruf akan menyalurkan beras raskin atau sekarang berubah namanya menjadi beras untuk keluarga sejahtera (rastra) ke-13 dan 14, Sulteng tidak akan kesulitan, karena stok mencukupi kebutuhan.

Bulog, katanya, segera menyalurkan rastra kepada rumah tangga sasaran (RTS) di 13 kabupaten dan kota di Sulteng setelah pemerintah provinsi dan kabupaten/kota menetapkan pagu rastra ke-13 dan 14.

Menurut dia, penyalurannya sangat tergantung dari kesiapan pemerintah di tingkat provinsi, kabupaten dan kota.

Bulog dipastikan langsung menyalurkan, jika sudah ada SPA (Surat Perintah Alokasi) dari Pemkab maupun Pemkot Palu.

Bulog juga tetap gencar melakukan pembelian beras petani, meski harganya di tingkat produsen mengalami kenaikan jauh di atas harga pembelian pemerintah (HPP).

HPP beras ditetapkan pemerintah Rp7.300/kg. Sementara harga beras di tingkat produsen di seluruh wilayah Sulteng saat ini sekitar Rp8.000/kg. ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: