Tahanan Yang Kabur Kapolres: Cepat Serahkan Diri!

SULTENG POST- Kepala Polres Palu AKBP Basya Radyananda SIK meminta kepada 8 tahanan Polres yang melarikan diri dari tahanan Polda Sulteng untuk segera menyerahkan diri.

“Dari 10 tahanan Polda yang kabur, 8 diantaranya adalah tahanan Polres. Saya minta kepada kedelapan tahanan itu untuk segera menyerahkan diri,” kata Basya kepada sejumlah wartawan di kantor Walikota Palu, Selasa (22/9/2015).

Basya memberikan tenggang waktu 7×24 jam kepada para tahanan yang kabur untuk menyerahkan diri kembali.

“Jika dalam 7×24 jam (1 minggu) tahanan itu tidak menyerahkan diri, kita tidak segan-segan menindakinya dengan melakukan prosedur tetap (protap) yang berlaku,” tegasnya.

Dalam aturan kepolisian atau protap kata dia, dijelaskan bagaimana cara melumpuhkan tahanan/buronan yang kabur.

“Saya minta mereka (tahanan) kembali sajalah, nggak usah lari-lari. Kalau dalam 7×24 jam tidak menyerahkan diri, maka Polri punya kewenangan untuk melakukan tindakan tegas, dengan dapat menggunakan peluru tajam, bukan hanya melumpuhkan tetapi mematikan,” kata Basya.

Selain itu, menanggapi dibentuknya tim khusus oleh Polda Sulteng, Basya menyatakan jajarannya siap terlibat didalamnya, karena ini merupakan tugas dan kewajiban kepolisian, khususnya penangkapan tahanan yang kabur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: