Perluasan Areal Bandara, Tunggu Pembebasan Lahan Warga

PALU-Kepala Bandar Udara Mutiara SIS Aljufri Palu Benyamin Noach Appituley mengatakan, terkait perluasan areal bandara pihaknya masih menunggu kepastian pembebasan lahan warga oleh pemerintah setempat.

“Kita tunggu saja pembesan lahannya. Kalau sudah kita akan langsung ajukan anggarannya ke pusat,” katanya Beno-sapaan akrabnya, Selasa (22/9/2015).

Beno mengatakan, perluasan wilayah bandara untuk keperluan penambahan panjang landasan pacu pesawat dari 2500 menjadi 3000 meter serta pembangunan gudang kargo bandara.

“Saat ini runaway (landasan pacu) bandara mencapai 2500 yang tadinya hanya 2250. Kita target panjangnya mencapai 3000 meter pada tahun depan,” jelasnya.

Menurut Beno, penambahan landasan pacu ini sangat penting sebagai upaya menjadikan bandara termegah di Sulteng ini menjadi bandara internasional, dengan dapat disinggahi pesawat-pesawat berbadan besar.

Ia mengatakan saat ini bandara Mutiara Sis Al Jufri melayani penerbangan 12 pesawat dengan 24 pergerakan setiap harinya, yang diisi oleh lima pesawat dari maskapai Lion Air, dua Garuda Indonesia, dua Sriwijaya Air, dua Wings Air dan satu Avia Star sebagai penerbangan perintis ke daerah dan pedalaman.

“Ditambah Express Air yang melayani penerbangan satu minggu tiga kali,” katanya.

Ia mengatakan, sejak dioperasikannya terminal baru, jumlah penumpang di Bandara Mutiara SIS Aljufri Palu terus mengalami peningkatan setiap harinya.

Dia mengatakan, sebelum terminal baru dioperasikan jumlah penumpang hanya berkisar 800-1.000 orang per harinya. Namun, sejak tahun lalu jumlah penumpang mencapai 1.200-1.500 per hari.

“Peningkatan jumlah penumpang tentunya tidak terlepas dari penerapan sistem pelayanan bandara yang sesuai SOP serta sarana dan prasarana penunjang yang memadai,” katanya.

Saat ini terminal baru mampu menampung 1.500-2.000 orang per harinya, dan kalau di total, kapasitas bandara bisa menampung dua hingga tiga juta orang per tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: