BNN Morowali: 129 Pelajar Positif Konsumsi Narkoba

Bungku- Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Morowali, Jibrail Abd Kadir menegaskan, razia dan pengambilan sampel urine yang dilakukan terhadap para siswa-siswi dan pelajar SMP/SMA/sederajat di Kabupaten Morowali, merupakan langkah preventif dalam rangka pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan obat terlarang atau Narkoba.

Jibrail menyebutkan, dalam kurun waktu Agustus hingga September tahun ini, dari hasil pengambilan sampel urine yang dilakukan pihaknya di beberapa sekolah, sebanyak 129 siswa-siswi dan pelajar dinyatakan positif mengkonsumsi Narkoba jenis trihexy phenidil atau dikenal dengan sebutan obat THD.

“Sesuai aturan medis, selayaknya jenis obat pil THD ini hanya dapat diberikan dan dikonsumsi khusus pengidap penyakit jiwa alias gila,” ungkap Jibrail di kantornya baru-baru ini.

“Sebagian pelajar ini mengakui, biasanya mereka menggunakan jenis bahan perekat/lem fox untuk dihirup,” tambah dia.

Menurut Jibrail, perilaku yang dilakukan sejumlah siswa-siswi dan pelajar tersebut sangat tidak rasional, karena dapat merusak moral dan perilaku keseharian mereka. Para siswa-siswi dan pelajar, termasuk kalangan masyarakat umum, merupakan korban dari masih lemahnya kesadaran tentang kerugian yang akan ditimbulkan barang haram tersebut.

Olehnya, kata dia, pihak BNN Kabupaten Morowali akan melakukan penyegaran dalam bentuk pembinaan dan rehabilitasi terhadap para siswa-siswi dan pelajar tersebut sesuai aturan yang berlaku. Hal itu merupakan tindaklanjut dari kasus-kasus penyalahgunaan Narkoba yang menimpa kalangan pelajar di Kabupaten Morowali.

“Mari bersama-sama kita jaga keselamatan generasi kita yang menjadi bagian dari keluarga kita ini dari jeratan barang sesat itu. Saya berharap, lingkugan keluarga dan sekolah maupun pihak terkait lainnya, agar bergandengan tangan mencegah dan memberantas barang haram itu dari negeri Morowali yang kita cintai ini,” tandas Jibrail. (MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: