Pesona Indonesia Kuliner Kaili Dihelat

PALU-Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Kota Palu, bersama Kemenparekraf RI menggelar wisata kuliner bertajuk Pesona Indonesia Kuliner Kaili, di Ajungan Pantai Nusantara Teluk Palu, Senin (21/9/2015).

Kegiatan yang merupakan rangkaian dari pra iven Festival Teluk Palu (FTP) 2015 tersebut, bertujuan memperkenalkan dan mempromosikan beragam kuliner khas Palu ke tingkat nasional, bahkan dunia internasional.

Pesona Indonesia Kuliner Kaili menghadirkan Miss Indonesia 2012 Maria Selena dan pemain sepakbola Syamsir Alam, selain juga dihadiri perwakilan dari Kemenparekraf RI dan Walikota Palu H Andi Mulhanan Tombolotutu SH.

Acara yang diliput salah satu televisi swasta nasional dengan program Pesona Indonesa tersebut, menghadirkan beragammenu tradisional khas Kalili, diantaranya Kaledo, Uta Dada, Sayur Kelor, Lamale (udang kering berbumbu), Nasi Jagung, Ubi, Gampaya (sayur bunga pepaya), serta sajian kue tradisional, seperti Apan, Onde-Onde dan Tetu.

Menurut Kepala Disparakraf Kota Palu Susi Elfira Wahyuni Mastura, wisata kuliner ini dalam rangka membudayakan kuliner tradisional, sehingga bisa dikenal lebih luas lagi, tidak hanya didaerah namun hingga keluar Kota Palu.

“Dengan demikian makanan tradisional ini dapat lebih populer lagi, sebab keberadaan makanan-makanan ini sudah mulai ditinggalkan masyarakat perkotaan,” katanya.

“Mengapa makan kaledo.Sebab Kaledo ini cara memasaknya saja menggunakan bahan yang hanya ada pembuatanya di Sulteng yakni menggunakan asam mentah. Kelor pun tidak semua daerah ada,secara kita melihat dari secara nasional kelor telah diangkat sebagai bahan kandungan obat, sehingga menyehatkan dan terkandung gizi vitamin A yang baik,” ujarnya menambahkan.

Lebih lanjut ia mengatakan, wisata kuliner seperti ini sangat bagus bagi generasi muda, agar mereka mengetahui keragaman budaya dan kuliner masa lalu, sehingga diharapakan dpaat menghargai dan melestarikan budaya leluhur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: