Ekonomi Maritim Donggala Mulai Diterapkan

DONGGALA- Bupati Donggala Kasman Lassa, terima kunjungan utusan presiden negara Seychelles ke Donggala dalam rangkaian menuju atau menjadikan pembangunan eko maritim di Indonesia khususnya di kabupaten Donggala.

Utusan khusus presiden negara Seychelles, Nico Barito menyempatkan diri mengunjungi Kabupaten Donggala, Minggu (20/9/15) usai mengikuti rangkaian acara Sail Tomini. Kedatangan Nico Barito yang menjabat Special Envoy of The Republic of Seychelles for ASEAN itu, disambut hangat Bupati Donggala, Kasman Lassa beserta beberapa kepala SKPD.

Dalam kunjungan sehari itu, bupati membawa Nico mengunjungi sejumlah tempat, mulai dari Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) Labuan Bajo, Obyek Wisata Tanjung Karang. “Kita juga bawa ke pelabuhan Donggala, Obyek Wisata Pusat Laut di Desa Towale dan Obyek Wisata Pantai Kaluku Desa Limboro hingga mengunjungai air berkah atau Uwe Baraka di Desa Kola Kola,” kata Kasman.

Saat berbincang dengan media ini, Nico menjelaskan sejumlah alasannya mengapa ia mengunjungi Donggala. Menurut pria berbadan tinggi besar itu, potensi yang dimiliki Kabupaten Donggala, khususnya dan Sulawesi pada umumnya sangat besar untuk dikembangkan disektor ekonomi maritim.

“Sehingga ia dengan tegas mengatakan jika Donggala ingin maju dalam pembardayaan dan kesejahtaeraan masyarakat, maka harus memperhatikan sektor kelautan dan pariwisata,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, judul dari pertemuan itu, adalah menuju pembangunan eko maritim Kabupaten Donggala. Kehadirannya sebagai utusan negara yang terletak di tengah Samudera Hindia itu, menurutnya tidak ada artinya bagi Indonesia sebagai negara besar.

Namun untuk pulau-pulau kecil di Indonesia termasuk kabupaten/kota yang memiliki karateristik dengan negaranya, sangatlah bermanfaat untuk menukar informasi dan pengalaman dalam membangun sektor pariwisata dan perikanan.

Seychelles sebagai negara yang menghubungkan negara-negara Afrika dan timur laut Madagaskar yang miliki luas sebesar wilayah DKI Jakarta itu, diharapkan dapat menjalin kerjasama yang baik dimasa mendatang.

“Saya dan bupati memikirkan bagaimana pemerintah Seychcelles bisa berbagi pengalaman dalam membangun ekonomi maritim yang memberi manfaat bagi masyarakat pesisir,” tandasnya. Bupati Donggala, Kasman Lassa merasa sangat bangga dengan kedatangan Nico. Menurutnya Donggala sama dengan negara Seychelles yang memiliki potensi perikanan dan pariwisata.

Salah satu masukan yang diberikan Nico, bupati akan membentuk tim kecil untuk pengembangan ekonomi maritim dari seluruh SKPD terkait.

“Sehingga akan melahirkan desain untuk mengimplementasikan apa yang telah dibicarakan dalam pertemuan tersebut,” sebutnya.

Perjalanan ke Desa Kola Kola, Nico menyaksikan langsung kemagisan dari batu Kola-Kola yang dapat menambah kekuatan orang yang menggunakan batu tersebut. Dalam atraksi yang diperlihatkan, beberapa orang anak dapat mengangkat orang dewasa hanya menggunakan dua jari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: