Menko PMK Lakukan Evaluasi Pasca Sail Tomini

Parimo – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani berjanji akan melakukan evaluasi pasca pelaksanaan acara puncak Sail Tomini 19 September.

Evaluasi dilakukan secara mendalam dan komprehensif agar sail-sail berikutnya lebih menarik dan bermanfaat bagi masyarakat, daerah dan negara dalam jangka panjang.

“Pasca acara puncak Sail Tomini akan dilakukan evaluasi menyeluruh untuk mengetahui apakah Sail Tomini memiliki manfaat bagi daerah dan masyarakat atau tidak,” ujarnya.

Terkait kesiapan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) menjadi daerah tujuan wisata baru yang unggul setelah acara puncak Sail Tomini, katanya, sudah siap.

Ia optimistis Kabupaten Parimo akan menjadi daerah tujuan wisata baru Indonesia karena lewat sail ini, Parimo dikenal luas di nusantara dan dunia.

Namun ia yakin bahwa Sail Indonesia yang ketujuh ini akan memiliki dampak ekonomi dan kesejahteraan yang cukup luas antara lain karena menggeliatnya pembangunan di berbagai sektor memanfaatkan kucuran dana dari APBN dan APBD berbagai kementerian dan lembaga negara.

Khusus bantuan-bantuan sosial untuk masyarakat Parimo yang diserahkan oleh berbagai kementerian dan lembaga serta perusahaan nasional terkait Sail Tomini 2015 ini, kata Puan Maharani yang didampingi Menteri Kelautan yah Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menpora Imam Nahrawi, itu bernilai total sekitar Rp57,5 miliar.

Sebelum meletakkan batu pertama pembangunan Rumah Sehat Baznas, Puan Maharani bersama Menteri Susi Pudjiastuti dan Menpora Imam Nahrawi meresmikan tugu khatulistiwa yang disebut Parigi Moutong Khatulistiwa (PMK) yang dibangun dengan dana sekitar Rp1 miliar bantuan Bank BNI dan Bank Sulteng.

Tugu ini terletak di atas bukit dengan ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut dan di kaki bukit itu terletak lokasi acara puncak Sail Tomini di Pantai Kayubura, sehingga pemandangan dari atas bukti itu ke arah laut lepas Teluk Tomini dianggap kebanyakan orang sebagai sangat indah.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: