Harga Bahan Pokok di Buol Melambung

Buol – Data Bagian Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Buol, mencatat harga cabe rawit dalam sepekan terakhir di pasar tradisional Kabupaten Buol mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Menurut Bagian Data Ekbang Buol Norma menyebutkan, kenaikan cabe rawit serta beberapa jenis sembako karena dipengaruhi kondisi kemarau berkepanjangan yang berdampak terhadap kurangnya stock persiadaan di tingkat pedagang.

Dia menambahkan untuk harga cabe rawit merupakan komoditas yang grafiknya terus naik. Pada minggu kemarin cabai rawit masih dijual pada harga Rp.30 ribu per kilogram, hari ini sudah berada dikisaran Rp.100 ribu perkilogram.

“Akibat menurunnya pasokan ini yang paling memicu kenaikan harga cabai. Ditambah lagi meningkatnya permintaan menjelang Idul Adha,” ujar Norma.

Tiga jenis harga konsumen sembako dan tiga harga konsumen bahan strategis yang mengalami kenaikan kurun sepekan terakhir, yakni beras, sayur manyur dan minyak goreng. Untuk beras, jenis Ciherang, Membrano, Santana, Cimandi dari harga sebelumnya Rp.9 ribu/Kg saat ini di jual seharga Rp.10 ribu perkilogram. Beras jenis Restorant dan Batu Mulia minggu lalu Rp.10 ribu/Kg sekarang naik menjadi Rp.11 ribu/Kg.

Sedangkan sayur-manyur, seperti kacang panjang dari Rp.10 ribu menjadi Rp.20 ribu perkilogamnya, sawi hijau sebelumnya dijual Rp.4 ribu minggu ini naik Rp.7 ribu perkilogram. Kemiri kupas saat ini dijual pada kisaran Rp.35 ribu dari harga sebelumnya Rp.30 ribu perkilogram dan cabe rawit dari harga Rp.30 ribu naik mencapai harga Rp.100 ribu perkilogram. Susu cap enak (kental manis) dijual Rp.12 ribu perkaleng atau naik dari harga sebelumnya Rp.9 ribu perkaleng.

Kemudian, harga konsumen bahan strategis dan bahan penting lainnya yang juga mengalami kenaikan pada minggu ini adalah, seng gelombang (0,20 mm) dari harga sebelumnya Rp.38 ribu perlembar sakarang dijual Rp.39 perlembar, tripleks (3 mm) dari harga Rp.52 ribu perlembar naik menjadi Rp.54 ribu perlembar.

Sementara itu, harga yang hingga kini masih stabil untuk jenis sayur-manyur adalah, ketang, ketimun, kubis, tomat sayur, wortel, jagung pipilan kering, ketelah pohon dengan harga bervariasi mulai dikisaran Rp.4 ribu – Rp.15 ribu perkilogramnya.

Bumbu-bumbuan yang sampai hari ini juga belum mengalami kenaikan yaitu. Merica lada, cabe merah keriting, bawang merah, bawang putih, dengan harga berfariasi mulai dari Rp.25 ribu sampai Rp.180 ribu perkilogramnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: