Puluhan Duta Besar Negara Sahabat Kunjungi Tanjung Karang

Donggala – Sejumlah Duta Besar Negara sahabat dijadwalkan akan berkunjung ke obyek wisata Tanjung Karang, di Kelurahan Labuan Bajo, Kecamatan Banawa, Kabupaten Donggala. Kehadiran puluhan Duta Besar tersebut sebagai rangkaian dari pelaksanaan Iven Sail Tomini yang di gelar di Desa Kayubura, Kecamatan Parigi, Kabupaten Parigi Moutong.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Donggala, Ismail ditemui media ini mengatakan, persiapan Pemda Donggala dalam hal ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  untuk menjemput tamu Duta Besar itu sudah matang. Sesuai dengan rekapitulasi jumlah, Duta Besar negara sahabat yang akan berkunjung sebanyak 33 dubes dan 4 penasehat.

Ismail menjelaskan, Tanjung Karang sengaja dipilih sebagai lokasi untuk para Dubes tersebut karena sesuai dengan penetapan Provinsi, bahwa Donggala itu yang akan dikembangkan adalah dari sisi pariwisatanya. Agar supaya, kata Ismail, para Duta Besar itu bisa melihat untuk pengembangan obyek wisata kedepan.

”Tentunya para duta besar negara sahabat ini akan kita layani sebaik-baiknya. Agar supaya kunjungan ini bisa berkesan dengan baik,” ujar Ismail, Jumat (18/9/2015). Dia menambahkan, Bupati Donggala Kasman Lassa akan memaparkan potensi-potensi pariwisata yang ada di Kabupaten Donggala dihadapan para dubes tersebut. Saat ini, ada puluhan lokasi obyek wisata yang mulai dikembangkan. Antara lain, Tanjung Karang, Bone Oge, Pusentasi, Pulau Pasoso, Pulau Maputi, Pantai Enu dan beberapa obyek wisata lainya.

“Yang menjadi perhatian kami saat ini adalah Tanjung Karang. Kami sudah membangun dan menyiapkan beberapa fasilitas pendukung seperti cotage, perahu wisata, dan banana boat,” ungkapnya.

Mantan camat Sindue itu menuturkan, para Duta Besar ini akan dijemput dengan tarian tradisional Donggala, tari Pontanu yang dibawa binaan Pemda Donggala.

Sementara itu, Kasubag TU Rumah Tangga dan Pemeliharaan Perlum Pemda Donggala. Siti Djulaiha  mengatakan, persiapan untuk menyambut para duta besar itu sudah maksimal. Sebelum ke Tanjung Karang, rombongan terlebih dahulu mampir ke Tempat Pelelangan Ikan (TPI) untuk melihat aktifitas para nelayan ditempat tersebut.

“Untuk sarana dan prasaranaya kita sudah siapkan. Beberapa dinas terkait kita sudah berkoordinasi. Sebenarnya, momen ini tidak ada dalam agenda Perlum, tapi kita bersyukur para Duta Besar negara sahabat mau berkunjung ke Tanjung Karang agar obyek wisata kita bisa dikenal pada skala regional, nasional, dan internasional,” tutupnya.

Duta Besar negara sahabat yang hadir antara lain, Duta Besar Argentina, Canada, Ecuador, Georgia, Hungary, Kazakhstan, Netherlands, Poland, Sudan, Bulgaria, India, Slovakia, Croatia, Banglades, Norway, Korea Utara, Peru, Jordan, Muzambique, Serbia, Suriname, Amerika, Thailand, Laos, Azerbaijan, UAE, Bosniaherzegovina, Aipa, Libya, dan Pakistan. (ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: