Kasman: Lesunya Ekonomi Nasional Berdampak di Daerah

Donggala – Dengan perkembangan yang sudah tidak sesuai lagi dengan asumsi kebijakan anggaran. Mendorong Pemerintah Kabupaten Donggala melakukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Donggala tahun 2015. Hal itu dilakukan agar capaian dan penerimaan daerah bisa lebih dimaksimalkan.

Bupati Donggala Kasman Lassa, dalam pidato pengantar nota keuangan tentang Rancangan Perubahan APBD Kabupaten Donggala 2015 pada sidang paripurna, Kamis (17/9/2015) menyampaikan, rancangan perubahan APBD merupakan momentum dari pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2015. Hal itu disusun sebagai wujud dari pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan secara terbuka dan bertanggungjawab.

Paripurna itu berlangsung di ruang sidang utama DPRD Donggala, Jalan Jati, Kelurahan Gunung Bale, Banawa. Bupati menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2015 sampai akhir bulan Agustus 2015, dan trend perkembangan perubahan kondisi perekonomian nasional, berdampak pada kondisi perekonomian regional dan daerah. Hal ini menjadi salah satu alasan perubahan APBD tersebut.

“Karena itu pemerintah Kabupaten Donggala memandang perlu melakukan perubahan terhadap APBD tahun 2015. Penyesuaian ini disebabkan beberapa hal,” jelasnya.

Selain itu, perlu dilakukan pergeseran anggaran antar kegiatan dan jenis belanja yang mendesak serta adanya perubahan jumlah saldo anggaran lebih atau sisa perhitungan tahun sebelumnya. Bupati menguraikan, sejumlah komposisi rancangan APBD Perubahan dalam alokasi berdasarkan program dan kegiatan yang prioritas. Diantaranya pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perencanaan pembangunan, perhubungan dan lain-lainnya.

Dalam perubahan APBD tahun 2015 ini akan dilakukan upaya mengoptimalkan pendapoatan daerah. Khususnya penerimaan Pendapatan Asli Daerah. Sebab sumber penerimaan yang dapat teralokasi keseluruhan pada program kegiatan dalam bentuk dana block grant, sehingga pada akhir tahun 2015, anggaran 2015 dapat direalisir sesuai target yang ditetapkan.

Paripurna APBD Perubahan tersebut dimulai pada pukul 11.00 Wita dan dipimpin oleh ketua DPRD Donggala, Moh Yasin didampingi wakil ketua Sofyan Yotolembah dan Abd Rasyid dan dihadiri oleh hampir semua anggota DPRD Donggala, Sekkda, Kepala Dinas, Badan, dan Kepala Bagian dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Donggala.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: