Apbd Perubahan, Pemkab Donggala Prioritaskan Program Mendesak

SULTENG POST- Pemerintah Kabupaten Donggala melakukan perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Donggala tahun 2015.

Hal itu dilakukan agar capaian dan penerimaan daerah bisa lebih dimaksimalkan.

Bupati Donggala Kasman Lassa, dalam pidato pengantar nota keuangan tentang rancangan perubahan APBD Kabupaten Donggala 2015 pada sidang paripurna, Kamis (17/9) menyampaikan, rancangan perubahan APBD merupakan momentum dari pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) tahun 2015.

Hal itu disusun sebagai wujud dari pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan secara terbuka dan bertanggungjawab.
Bupati menjelaskan, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan anggaran tahun 2015, sampai akhir bulan Agustus 2015 dan tren perkembangan perubahan kondisi perekonomian nasional, berdampak pada kondisi perekonomian regional dan daerah.
Hal ini menjadi salah satu alasan perubahan APBD tersebut.

“Karena itu pemerintah Kabupaten Donggala memandang perlu melakukan perubahan terhadap APBD tahun 2015. Penyesuaian ini disebabkan beberapa hal,” jelasnya.

Selain itu, perlu dilakukan pergeseran anggaran antar kegiatan dan jenis belanja yang mendesak serta adanya perubahan jumlah saldo anggaran lebih atau sisa perhitungan tahun sebelumnya.

Bupati menguraikan sejumlah komposisi rancangan APBD perubahan dalam alokasi berdasarkan program dan kegiatan yang prioritas. Diantaranya pendidikan, kesehatan, pekerjaan umum, perencanaan pembangunan, perhubungan dan lain-lainnya.
Dalam perubahan APBD tahun 2015 ini akan dilakukan upaya mengoptimalkan pendapatan daerah, khususnya penerimaan pendapatan asli daerah.

Paripurna APBD perubahan tersebut dimulai pada pukul 11.00 Wita dan dipimpin oleh ketua DPRD Donggala, Moh Yasin, didampingi wakil ketua Sofyan Yotolembah dan Abd Rasyid dan dihadiri oleh hampir semua anggota DPRD Donggala, Sekda, Kepala Dinas, Badan, dan Kepala Bagian di lingkungan pemkab setempat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: