TNI Jamin Keamanan VVIP Sail Tomini

SULTENG POST- Panglima Komando Daerah Militer VII Wirabuana Mayor Jenderal TNI Bachtiar, menjamin keamanan puncak acara Sail Tomini yang akan berlangsung pada tanggal 19 Sepetember di Dusun Kayu Bura, Desa Pelawa Baru, Kecamatan Parigi Tengah.

“TNI jauh sebelumnya sudah melakukan keamanan di wilayah Kabupaten Parmout, khususnya di lokasi Sail Tomini. Karena, Pangdam merupakan penanggungjawab pengamanan VVIP,” tegasnya saat memberikan keterangan kepada sejumlah media di lokasi Sail Tomini, Selasa (16/9).

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya mengoptimalkan pengamanan, dari radius yang telah dinilai optimal. Bahkan, pasukannya telah di tersebar dimana-mana di sepanjang daerah perbukitan yang berhadapan dengan Lokasi Sail Tomini. Tidak hanya itu, setiap pengunjung yang keluar masuk dalam areal pelaksanaan Sail tidak luput dari pemeriksaan anggota TNI.

“Rumah-rumah di sekitar lokasi ini tidak akan luput dari pemeriksaan anggota kami. Terutama tas para tamu undangan yang keluar masuk, semua akan kami geledah,”sebutnya.

Terkait adanya kejadian pembantaian berantai yang terjadi di bagian Selatan Kabupaten Parigi Moutong, pihak TNI belum bisa memastikan apakah insiden itu merupakan gangguan keamanan yang mengancam acara pelaksanaan Sail Tomini atau bukan. Karena kejadian tersebut masih dalam penanganan pihak kepolisian.

“Kami tetap siaga, jika ada yang menganggu acara ini tetap kami akan tindaklanjuti. Kami tetap optimis tidak akan ada gangguan keamananan baik pra Sail maupun pada acara puncak,” ujarnya.

Sementara itu Bupati Parmout, Samsurizal Tombolotutu, kepada sejumlah media berharap agar masyarakat khususnya di wilayah bagian Selatan Parigi, tetap menjaga keamanan dan tidak mudah terporovokasi. Pemkab Parmout juga telah menyerahkan penuh tanggung jawab pengamanan ke TNI dan Polri.

“Kita belum tau apakah aksi teror atau bukan, yang pastinya keamanan pada acara Sail Tomini ini kami serahkan sepenuhnya kepada TNI dan Polri. Tetapi yang pastinnya kita harus optimis agar kegiatan ini sukses,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: