Penerjun TNI AL Akan Mendarat Diatas Kapal Perang
Gladi bersih penerjun TNI AL di Lapangan Vatulemo, Senin (14/9/2015). (Foto : Metrosulawesi/Eddy) -

Penerjun TNI AL Akan Mendarat Diatas Kapal Perang

Palu – 36 personil gabungan dari Pasukan Marinir Komando Pasukan Katak (Kopaska) dan Pengintai Amphibi (Taifib) I TNI-AL  Surabaya mengikuti gladi bersih terjun payung di Lapangan Vatulemo sebagai persiapan agenda Sail Tomini 19 September, Senin (14/9/2015).

Kegiatan tersebut menarik perhatian warga yang melintas di jalan tersebut untuk berhenti dan menyaksikan gladi bersih itu. Namun, tiupan angin yang cukup kencang pada saat kegiatan, membuat sejumlah penerjun tidak berhasil mencapai titik mendarat yang telah ditentukan.

Komandan Batalyon (Danyon) Taifib 1 Surabaya Mayor Rivelson Saragih kepada sejumlah wartawan mengatakan, selain personil Kopaska TNI Al, Personil Taifib ikut berpartisipasi dalam penerjunan ini.

“Untuk sementara 36 penerjun dulu, tidak bisa terlalu banyak, tergantung loading pesawat,  karena jenis pesawat yang digunakan,” ungkap Mayor Saragih.

Terkait dengan rencana parade kapal perang pada puncak Sail Tomini, Saragih mengatakan,  rencananya sejumlah penerjun akan mendarat diatas kapal perang tersebut.

“Tetapi tidak semua, karena areal dek kapal terbatas dan akan ada personil penerjun yang menggunakan pakaian adat dari seluruh pakaian adat Sulteng yang akan mendarat di bibir pantai Sail Tomini,” imbuhnya.

Danlanal Palu Letkol Laut (P) Yanu Madawanto mengatakan, TNI AL sudah siap  dengan segala situasi termasuk juga untuk pengamanan presiden.

“Kami sudah siapkan PAM Laut di sekitar Teluk Palu dan untuk wilayah Teluk Tomini sudah di siapkan pengamanan terhadap pelaksanan Kegiatan Sail Tomini,” katanya.

Dia menambahkan, TNI AL juga sudah menyiapkan 28 KRI yang tergabung dalam gugus tugas Sail Tomini, sekaligus dalam demo dengan tujuh kapal perang  milik Negara-negara sahabat.(ms)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: