Penertiban Wilayah Lingkar Tambang, Kapolsek Bahodopi Libatkan Unsur Masyarakat

Bungku – Kepolisian Sektor (Polsek) Kecamatan Bahodopi, selalu siap menjadi pelayan, pengayom, dan pelindung untuk masyarakat dalam menjalankan tugas pokok keamanan dan ketertiban.

Hal tersebut diutarakan Kapolsek Bahodopi, Iptu Silvester Wesa, kepada Metrosulawesi baru-baru ini.

Menurut Kapolsek yang baru sepekan menjabat di Bahodopi ini, langkah awal yang menjadi prioritas untuk dibenahi adalah menyangkut administrasi.

“Termasuk memberikan arahan kepada seluruh anggota Polsek Bahodopi, terkait tugas seorang polisi harus selalu ditanamkan. Saya tidak menginginkan anggota saya dalam bertugas, mengambil tindakan di luar koridor institusi kepolisian. Apalagi sampai mencoreng nama baik korps kepolisian itu sendiri,” ujar Silvester Wesa.

Selain itu, dirinya akan selalu menjalin silahturahmi dengan masyarakat, mengunjungi pemerintah kecamatan, perangkat desa, dan tokoh-tokoh dari berbagai unsur di lingkungan masyarakat. Hal itu, kata dia, untuk lebih mempererat hubungan dengan berbagai pihak. Sekaligus sebagai wujud terima kasihnya kepada masyarakat, yang telah menerima kehadirannya sebagai Kapolsek Bahodopi.

Bagi S Wesa, sapaan akrabnya, masyarakat adalah mitra meski dalam kondisi apa pun. Dengan segala keterbatasan, kata dia, harus diakui bahwa bantuan informasi dari masyarakat akan sangat membantu kelancaran tugas-tugas yang diemban polisi.

“Guna menciptakan suasana kondusif, sebagai aparatur penegak hukum, kami siap membantu pihak pemerintah dalam melakukan tindakan pencegahan maupun pemberantasan di wilayah hukum Bahodopi,” kata S Wesa di ruang kerjanya.

Dia menegaskan, bila ada oknum anggota Polsek Bahodopi yang melakukan tindakan atau perilaku tidak terpuji, baik dalam tugas dinas maupun di luar tugas dinas, dia berharap masyarakat segera melaporkan kepada dirinya. Sebagai pimpinan, dia akan menindaklanjuti sesuai prosedur hukum yang berlaku.

S Wesa juga berharap, dalam menggelar aksi demo agar dapat mematuhi mekanisme hukum. Karena masyarakat sering menggelar aksi demo, maka dia pun berharap agar dapat dilaporkan ke Polsek sebelum dilakukannya aksi demo. Hal itu sebagai upaya meningkatkan kewaspadaan. Sehingga, persoalan kecil tidak merembes menjadi konflik yang lebih besar.

“Tindakan seperti itu yang akan kami bangun nantinya. Setiap hari kami mengefektifkan sistim patroli. Kami akan selalu berkoordinasi dengan unsur terkait, dan mengajak masyarakat di wilayah lingkar tambang Bahodopi ini untuk bersama-sama turun ke lapangan melakukan operasi penertiban. Sehingga, tujuan kita menciptakan suasana kondusif tetap terjaga,” pungkas S Wesa. (ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: