PHL DKP Tuntut Kenaikan Upah Kerja

Palu– Puluhan Pegawai Lepas Harian (PHL) Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Palu melakukan aksi di depan kantor yang beralamat di Jalan Kakatua tersebut, untuk menuntut kenaikan upah kerja serta pembayaran upah yang tepat waktu, karena selama dua bulan terakhir pembayaran upah kerja tidak sesuai dengan perjanjian, Kamis (10/9/2015).

Aksi puluhan PHL DKP Kota Palu tersebut sempat memacetkan arus lalulintas, karena massa memblokir jalan menggunakan dua truk tangki air. Situasi itu memaksa pengendara yang hendak melintas di jalan itu memutar arah kendaraannya untuk menghindari pemblokiran.

Selain menjadi perhatian warga, aksi ini juga sempat mengagetkan pegawai DKP, karena dalam aksinya massa sempat membakar kardus bekas, serta memukul-mukul tembok pagar kantor.

Salah seorang PHL, Amrun warga Kelurahan Lere yang mengaku telah mengabdi selama 15 tahun mengaku hingga saat ini upah harian yang dia terima hanya sebesar Rp20 ribu per hari, sama dengan upah PHL yang baru kerja.

“Harga barang-barang kebutuhan pokok dipasar sudah naik, sementara gaji belum ada kenaikan, gaji yang ada saat ini sangat tidak mencukupi segala kebutuhan hidup sehari-hari,” kata Amrun.

Hal sama juga dikatakan Dirman, warga Kelurahan Tanamodindi agar besaran upah kerjanya dinaikan, serta dibayarkan tepat waktu.

“Gaji sudah kecil, lambat lagi pembayaranya,” gerutu Dirman.

Sekretaris Kota Palu H Aminuddin Atjo yang saat itu kebetulan melintas langsung singgah dan menemui para pengunjuk rasa dan melakukan dialog. Dan dia berjanji akan membahas tuntutan PHL dengan dinas terkait, serta minta agar para PHL tersebut bersabar sampai selesai pembahasan.

“Untuk kenaikan upah saya berharap kesabaranya, karena ada proses yang akan digaji jam 14:00 hari ini akan dibayarkan,” katanya.

Setelah mendengarkan penjelasan Sekretaris Kota Palu para PHL langsung membubarkan diri dengan tertib.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: