Panwas Sigi Tolak Permohonan Nico

Sigi- Panitia Pengawas (Panwas) Kabupaten Sigi menolak permohonan calon wakil bupati Sigi Nico Salama yang mengajukan sengketa atas keputusan KPU Kabupaten Sigi, yang telah menetapkan empat pasangan calon bupati dan wakil bupati setempat.

Ketua Panwas Sigi, Darwin mengungkapkan, pihaknya menolak menyidangkan SK KPU Sigi Nomor 26/Kpts/KPU.Kab.Sigi/2015 karena obyek yang disengketakan tidak didukung dengan bukti-bukti yang disyaratkan.

Menurut Darwin, Nico Salama bersama kuasa hukumnya pada tanggal 27 Agustus datang melapor ke kantornya untuk mengsengketakan SK tersebut. Namun mereka hanya menyerahkan bukti berupa SK KPU Sigi Nomor 26, surat DPP PDI Perjuangan yang tanggal 6 dan 10 Agustus, dan surat KPU RI tanggal 23, serta surat rekomendasi partai pengusung dari pusat.

“Mereka tidak menyerahkan Bukti B. 2 KWK Parpol, jadi tidak bisa diregister,” ungkap Darwin, Kamis (10/9/2015) saat ditemui di kantornya Jalan Lasoso, Desa Lolu, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Menurutnya, formulir Model B2.KWK-Parpol adalah syarat mutlak yang harus disertakan. Sebab pasangan calon itu diusung oleh gabungan partai politik yang harus ditanda tangani oleh pengurus partai di tingkat kabupaten.

“Karena itulah, Panwas tidak bisa menindak lanjuti ke proses sengketa,” kata Darwin yang sudah dua kali menjadi anggota Panwas.

Ia juga mempersilahkan Nico Salama menempuh jalur lain. Sebab untuk proses sengketa di Panwas Sigi sudah tertutup 10 September 2015 kemarin sebagaimana diatur dalam Peratur KPU tentang tahapan Pilkada.

Sementara itu, salah satu orang dekat Nico Salama, Freds Kandori saat dihubungi melalui telpon genggamnya, untuk dimintai konfirmasi, nomor yang dituju tidak menjawab(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: