Kontes Ternak Dapat Perhatian Masyarakat

PALU-Lomba dan kontes ternak tingkat Provinsi Sulawesi Tengah di Palu selama dua hari (9-10 September 2015) mendapat perhatian masyarakat.

Warga dari berbagai sudut Kota Palu, bahkan dari luar kota seperti Kabupaten Sigi dan Donggala, sejak pukul 07.00 WITA sudah datang dan memadati lokasi kegiatan untuk menyaksikan lomba dan kontes ternak yang dibuka Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pada Rabu (9/9) tersebut.

Kegiatan itu diikuti ratusan ternak dari delapan kabupaten dan kota di Sulteng, meliputi sapi, kabing, domba, ayam ketawa, burung dan kucing.

Mei (34), seorang pengunjung mengatakan sangat tertarik dengan kegiatan itu karena memberikan kesenangan tersendiri.

Hal senada disampaikan Libert, seorang warga dari Biromaru, Kabupaten Sigi yang mengaku datang bersama dua rekannya.

Kontes ini tidak saja memberikan kebahagian tetapi juga tempat untuk belajar cara pemeliharaan dan pengembangan ternak yang benar dan baik.

“Ada juga stand pameran yang disediakan bagi pengunjung yang ingin melakukan konsultasi soal peternakan,” kata dia.

Ia mengaku banyak mendapat pelajaran mengenai cara memelihara, mengembangkan dan mengobati ternak yang sakit,” katanya.

Panitia pelaksana memberikan apresiasi berupa piala dan uang tunai kepada setiap peternak yang mengukir prestsi dalam lomba dan kontes ternak itu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Sulteng Faisal Mang mengaku menyisihkan uang tunai Rp177 juta untuk para pemenang.

Kegiatan ini merupakan yang keempat kalinya digelar dalam rangka mendorong petani peternak lebih bergairah dalam mengembangkan usaha peternakan di masing-masing kabupaten dan kota di seluruh wilayah Sulteng.

Sulteng bertekad menjadi lumbung ternak dan bibit ternak nasional. ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: