Banyaknya Pemilih Pemula, KPU Tolitoli Lakukan Pendidikan Pemilih

SULTENG POST- Banyaknya pemilih pemula pada daftar pemilih sementara (DPS) untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak tahun 2015, pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tolitoli melalui Divisi Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM), terus melakukan sosialisasi dengan melakukan pendidikan pemilih (Voter Education) .

Komisioner Divisi Sosialisasi dan SDM KPU Kabupaten Tolitoli, Sulaeman Padjalani mengatakan, upaya memberikan pendidikan pemilih kepada pemilih pemula merupakan prioritas utama pihaknya, mengingat banyaknya jumlah pemilih pemula yang terdaftar di DPS Pilkada Serentak 2015.

“Upaya pendidikan pemilih tersebut kami lakukan ke sekolah-sekolah yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Tolitoli, sehingga pengetahuan pemilih pemula yang baru pertama kali mengikuti pemilu benar-benar memahami soal pelaksanaan pemilihan,” katanya, saat ditemui di kantornya, Kamis (10/9/2015).

Dia menjelaskan, pendidikan pemilih kepada pemilih pemula merupakan agenda KPU Kabupaten Tolitoli dalam upaya meningkatkan angka partisipasi pemilih pada setiap pemilihan baik pemilihan kepala daerah maupun pemilihan legislatif maupupun pemilihan presiden.

“Kami akan terus mengupayakan peningkatan angka partisipasi pemilih di masyarakat khususnya kepada pemilih pemula agar menggunakan hak pilihnya, sehingga setiap suara yang diberikan bermanfaat bagi daerah ini,” ujarnya.

Dia menyebutkan, upaya pendidikan pemilih kepada masyarakat khususnya kepada pemilih pemula ini dilakukan KPU Tolitoli berkerjasama dengan lembaga –lembaga kemasyarakatan yang konsern melakukan pendidikan politik kepada masyarakat.

Dia berharap, dengan adanya pendidikan pemilih bagi pemilih pemula ini, pelaksanaan Pilkada Serentak 2015 bisa berkualitas dan angka partisipasi pemilih pada Pilkada ini menjadi meningkat dibanding pemilu-pemilu sebelumnya.
“Golnya adalah mewujudkan Pilkada Serentak yang berkualitas, demokrasi dan meningkatnya angka partisipasi pemilih dari masyarakat,” tandasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: