Ahli Hewan Asal Belanda Sambangi Buol

Buol, – Pemerintah Kabupaten Buol mendapat kunjungan ahli hewan asal Belanda (senior experts dari PUM Nederland) dr Guther Zummer. Kehadirannya di daerah itu dalam rangka kerjasama dengan Pemda Buol di bidang teknologi peternakan, Kamis (10/9/2015).

Kedatangan Guther Zummer, merupakan bentuk tindaklanjut dari kerjasama Utara-utara, antara tiga kabupaten yang ada diwilayah propinsi Sulawesi Tengah, Propinsi Sulawesi Utara dan Propinsi Gorontalo.

Guther Zummer, bersama sejumlah pejabat Pemda Gorontalo di dampingi Kepala Disdikpora Buol Tonang Malongi, selaku penerjema melakukan pertemuan dengan pihak Dispertanak Buol di ruang Kabid Peternakan kantor Dispertanak.

Dalam pertemuan yang digelar terbuka, Guther Zummer, mengajukan beberapa pertanyaan seputar data valid jumlah ternak yang ada di kabupaten Buol, serta berapa populasinya dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan Dispertanak termasuk tingkat keberhasilannya juga mempertanyakan komitmen Pemda Buol terkait pengembangan ternak sapi.

Rencananya, Guther Zummer berada di Buol selama lima hari untuk melakukan survei secara langsung di lapangan guna mengetahui persoalan ternak sapi yang selama ini di kembangkan oleh pemerintah setempat.

Hasil survei Guther Zummer, nanti akan menjadi bahan rekomendasi untuk kerjasama dua tahun kedepan antara Pemda Buol dengan Pemerintah Belanda di bidang teknologi pertenakan sapi.

“Soal komitmen Pemda Buol yang dipertanyakan beliau dalam pertemuan tadi, sesuai data Pemda sejak 2014-2015 telah memberikan 110 ekor sapi kepada masyarakat melalu program P3K ini yang akan beliau lihat bagaimana perkembangan sapi itu selama dua tahun terakhir,” terang Tonang yang di dampingi Guther Zummer saat ditemui Metrosulawesi usai pertemuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: