Sulteng Kembangkan Dua Jenis Ternak Lokal

PALU- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah mulai 2015 mengembangkan dua jenis ternak lokal yang telah mendapat sertifikasi dan pengakuan dari pemerintah pusat.

“Saya bangga sekaligus memberikan apresiasi kepada Dinas Peternakan Sulteng yang berhasil menjadikan dua jenis ternak lokal mendapat pengakuan dan sertifikasi dari Kementerian Pertanian,” kata Gubernur Sulteng, Longki Djanggola pada pembukaan lomba dan konteks ternak, di Palu, Rabu.

Dua jenis ternak lokal yang telah mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat itu adalah domba Palu dan sapi Donggala.

Kedua jenis ternak tersebut sudah dikembangkan sejak turun- temurun. Tetapi karena kegiatan antarpulau hingga kini masih berlangsung, mengakibatkan ternak sapi Donggala semakin berkurang populasinya.

Begitu pula halnya dengan domba Palu. Ternak khas Palu selama ini hanya dikembangkan di Lembah Palu dan sejumlah desa di Kabupaten Sigi dan Donggala.

Pemerintah Sulteng melalui Dinas Peternakan akan meningkatkan populasi kedua ternak lokal itu dengan mengembangkannya tidak hanya di sekitar Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala, tetapi juga ke semua kabupaten yang ada di Sulteng.

Menurut dia, jika program budidaya sapi Donggala dan domba Palu berhasil dikembangkan di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi yang terletak di Jantung Pulau Sulawesi itu, niscaya Sulteng akan menjadi penyangga kebutuhan daging di Tanah Air.

Dipastikan pula tingkat ekonomi masyarakat, terutama para petani peternak akan semakin meningkat pula seiring dengan meningkatnya populasi ternak, termasuk kedua ternak lokal tersebut.

Kepala Dinas Peternakan Sulteng, Faisal Mang mengatakan populasi ternak domba Palu saat ini sekitar 3.000 ekor.

Jika dibandingkan beberapa tahun sebelumya, populasi ternak domba Palu mengalami penurunan cukup drastis akibat tidak seimbang antara yang dikembangkan dan dikonsumsi masyarakat.

Karena itu, pemerintah provinsi akan mengembangkan kembali kedua ternak lokal sampai ke semua kabupaten dan kota di Sulteng agar populasinya bisa meningkat sesuai dengan harapan pemerintah daerah.ANT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: