Sembilan Daerah Kabupaten Ikut Kontes Ternak

PALU, KABAR SELEBES – Sebanyak delapan kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah mengikuti lomba dan kontes Ternak Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2015 kembali dilaksanakan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Daerah Provinsi di Lapangan GKST Immanuel, Jalan Moh Yamin, Rabu (9/9).
Kedelapan kabupaten itu adalah Sigi, Donggala, Parigi Moutong, Poso, Morowali, Banggai, Tojo Unauna dan Tolitoli dan Kota Palu.
Kategori ternak yang dilombakan meliputi Sapi Donggala, Sapi PO, Sapi Bali, Kambing dan Domba. Selain itu digelar pula lomba burung berkicau, ayam ketawa, kucing hias, lomba mewarnai untuk anak-anak, vaksinasi gratis, konsultasi hewan dan pameran produk-produk olahan peternakan.
Lomba ini dibuka langsung Gubernur H Longki Djanggola dan dihadiri Direktur Pembibitan Ditjen Peternakan Kementerian Pertanian RI Ali Rahman, pimpinan FKPD dan SKPD di lingkup Pemprov Sulteng.
Direktur Pembibitan Ali Rahman yang mewakili Dirjen Peternakan berharap lomba dijadikan sarana ideal memilih ternak-ternak bergenetik baik sebagai sumber plasma nutfah dalam mengembangkan ternak-ternak terbaik di masa depan.
“Tidak ada negara maju yang peternakannya tidak maju, olehnya kemajuan bangsa ditentukan dari pemenuhan protein hewaninya,” jelasnya.
Menguatkan apa yang dikatakan Direktur Ali Rahman, Gubernur Longki Djanggola dalam sambutannya mengajak segenap stakeholder meningkatkan peternakan di daerah ke arah intensif dengan menyukseskan program sinkronisasi dan Gerakan penyerentakan Birahi Inseminasi Buatan (GBIB).
“Hasil Sensus Pertanian 2015 menunjukkan telah terjadi peningkatan jumlah populasi ternak sapi/kerbau di Sulawesi Tengah dari Tahun 2011 sejumlah 245.905 ekor menjadi 272.470 ekor pada Tahun 2015,” jelasnya.
Diakhir sambutannya, Gubernur meminta agar semua pihak dapat mewujudkan kebersamaan demi swasembada daging di Sulawesi Tengah sehingga dalam menghadapi Hari Raya Kurban kebutuhan daging dapat tercukupi dan tidak langka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: