KEK Harus Jadi Katalisator Arus Investasi

PALU, KABAR SELEBES – Penetapan Palu sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dapat menjadi katalisator arus investasi baik PMA maupun PMDN yang lebih besar lagi di Sulteng. Ke depan, selain sektor perdagangan, hotel dan restoran (PHR) dan kontruksi yang semakin marak di Sulteng. Investasi juga diarahkan pada hilirisasi produk-produk utama seperti kakao, rumput laut, kopra maupun komoditas perikanan lainnya.
“Sulteng sudah dikenal sebagai penghasil cengkeh nomor satu di Indonesia. Selain itu, perikanan juga menunjukkan pertumbuhan positif. Selain investasi pada industri pengelohan yang bergerak positif, Sulteng juga menunjukkan indikator positif pada produksi rumput laut dan pengembangan dan diversifikasi udang vename,” ujar Rosan Perkasa Roeslani saat konferensi pers di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu sore (9/9).
Sebab itu, menurutnya, pemerintah harus mendukung pengembangan KEK Palu. Prioritas pada leading sector khususnya produk agrobisnis dan agromaritim perlu ditingkatkan guna menarik lebih banyak investor ke wilayah Sulteng.
“Selain itu kendala infastruktur menjadi prioritas yang perlu diatasi untuk mendukung KEK Palu. Infrastruktur jalan misalnya sangat mendukung akses antar KEK Palu ke wilayah produksi,” sambung Rosan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: