Warga Sigi Gelar Ritual Minta Hujan

Sigi, – Akibat kemarau panjang, ratusan warga Kabupaten Sigi yang datang dari berbagai desa menghadiri ritual adat “Mora Keke” atau dalam bahasa setempat sebagai tradisi doa meminta hujan kepada penguasa alam, Sabtu (5/9/2015) di pintu air Sungai Wuno Desa Oloboju, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi.

Dalam ritual tersebut berbagai persyaratan adat sebagaimana yang pernah dilakukan oleh leluhur sebelumnya juga disajikan seperti seekor anak anjing dan babi, daging kambing dan sesajian lainnya.

Dengan iringan musik gimba atau kendang, dua orang balia atau penari mengikuti iramanya yang ditabuh secara bergantian terus menerus hingga akhirnya penari itu kerasukan dan tak sadarkan diri.

Kepala adat Desa Oloboju, Laria Lai Labaritu disela-sela prosesi adat menjelaskan acara ritual Mora Keke biasanya dilakukan oleh masyarakat adat ketika musim kemarau berkepanjangan. Menurutnya acara ini melibatkan enam desa yakni Desa Watunonju, Bora, Soulowe, Sidera, Maranata dan Desa Oloboju sendiri.

Sementara itu, Plt. Sekretaris Kabupaten (Sekab) Sigi, L.Nolimua menyambut baik acara nilai tradisi warisan leluhur itu.

“SKPD terkait termasuk pariwisata harus mendukung kegiatan tersebut, agar warisan nenek moyang ini dapat terus diwariskan secara turun-temurun pada generasi muda,” ujar Nolimua.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sigi, Dewi Cahyawati Abdullah yang turut hadir dalam acara tersebut mengaku, sangat respon dan akan mengangkat nilai-nilai tradisi yang masih kuat berkembang di Masyarakat.

Menurutnya, Ia akan mengemas seluruh kegiatan adat yang ada di Kabupaten Sigi dalam satu paket yang akan diprogramkan di tahun 2016 mendatang.

“Apa lagi tahun 2016 ada even gerhana matahari total, disamping kegiatan adat kita juga harus bisa memberikan souvener, seperti miniatur rumah adat, baju adat, agar ada yang bisa dibawa pulang oleh wisatawan,” kata Dewi.

Hadir dalam acara tersebut para calon bupati Sigi, seperti Nurzain Djaelangkara, Moh.Irwan Lapata, Agus Lamakarate dan calon gubernur Sulteng Rusdy Mastura, serta tokoh-tokoh politik lain seperti Ridwan Yalijama, Luhur Larengi dan Ketua DPRD Sigi Moh. Rizal Intjenae.(ms)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

%d bloggers like this: